Friedman dan Greenblatt Jebol Tembok “Jalan Kuno” di Bawah Permukiman Palestina

Duta Besar AS untuk Israel David Friedman (kiri) dan Utusan Perdamaian Gedung Putih untuk Timur Tengah Jason Greenblatt (kanan) menjebol tembok di terowongan bawah tanah permukiman Silwan, Al-Quds, Palestina, Ahad, 30 Juni 2019. (Gambar: Facebook)

Al-Quds, MINA – Duta Besar AS untuk Israel dan Utusan Perdamaian Gedung Putih untuk Timur Tengah Jason Greenblatt, pada upacara peresmian pada Ahad (30/6), menjebol tembok terakhir wisata arkeologi “jalan kuno” yang digali di bawah rumah-rumah permukiman warga Palestina di Al-Quds (Yerusalem Timur).

Friedman dan Greenblatt bergabung bersama pejabat Israel dan Amerika lainnya secara simbolis merobohkan tembok, yang mengarah ke “Pilgrimage Road“, sebuah tangga di bawah tanah yang yang mereka yakini berfungsi sebagai jalan utama bagi orang Yahudi menuju ke Temple Mount pada ribuan tahun yang lalu.

Para arkeolog telah menggali di Taman Nasional City of David di lingkungan Silwan Palestina selama delapan tahun terakhir. Daerah ini memiliki beberapa kantong kecil permukiman Yahudi, demikian Times of Israel melaporkan.

Acara seremonial tersebut membuat marah Otoritas Palestina, serta beberapa LSM Israel sayap kiri. Mereka mengklaim bahwa pembukaan situs tersebut akan semakin memperkuat kehadiran Israel di bagian timur kota, yang oleh Palestina diharapkan menjadi ibu kota masa depan. (T/RI-1/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rendi Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.