Utusan AS Greenblatt Dukung Dubes Friedman terkait “Israel Sah Aneksasi Tepi Barat”

Duta Besar AS untuk Israel David Friedman (kanan), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (tengah), dan Utusan Khusus AS untuk Timur Tengah Jason Greenblatt (kiri). (Foto: GPO)

New York, MINA – Utusan Khusus Presiden AS Donald Trump untuk Timur Tengah, , mendukung pernyataan Duta Besar AS untuk Israel tentang .

Pada Ahad (16/6), Greenblatt yang berpartisipasi dalam konferensi tahunan Jerusalem Post di New York, ia ditanya wartawan tentang komentar yang dibuat oleh Friedman yang diterbitkan oleh New York Times akhir pekan lalu.

“Saya akan membiarkan komentar David membela dirinya sendiri,” kata Greenblatt. “Saya pikir dia mengatakannya dengan elegan dan saya mendukung komentarnya.”

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan oleh New York Times, Sabtu (8/6) lalu, Friedman menyarankan bahwa beberapa tingkat aneksasi Tepi Barat akan sah.

“Dalam keadaan tertentu, saya pikir Israel memiliki hak untuk mempertahankan sebagian Tepi Barat, tetapi tidak semua,” kata Friedman kala itu.

Namun, seorang pejabat Amerika dalam status anonim kemudian mengatakan, Israel belum mempresentasikan rencana untuk mencaplok salah satu Tepi Barat dan tidak ada rencana semacam itu yang sedang dibahas dengan AS. (T/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.