Gaza Terbangkan Balon Pembakar, Israel Persempit Zona Penangkapan Ikan

Api membakar semak belukar di Israel selatan, diduga dipicu oleh balon pembakar yang diluncurkan oleh warga di Gaza pada 25 Juli 2021. (Moshe Brochi)

Tel Aviv, MINA – Warga di meluncurkan balon- ke Israel selatan pada Ahad sore (25/7), memicu sejumlah kebakaran, kata seorang penyelidik dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Israel.

Menanggapi serangan pembakaran, Israel mengumumkan akan mempersempit setengah zona penangkapan ikan di Jalur Gaza, dari 12 mil laut menjadi enam, efektif segera dan sampai pemberitahuan lebih lanjut pada Ahad malam, The Times of Israel melaporkan.

Sebelum konflik bulan Mei antara Israel dan kelompok pejuang Palestina di Gaza, nelayan Palestina dapat beroperasi hingga 15 mil laut dari pantai.

“Ini mengikuti peluncuran balon pembakar dari Jalur Gaza ke wilayah Israel, yang merupakan pelanggaran kedaulatan Israel,” kata penghubung militer Israel untuk Palestina, Koordinator Kegiatan Pemerintah di Wilayah, dalam sebuah pernyataan.

Menurut pemadam kebakaran, tiga kebakaran kecil terjadi di wilayah Eshkol di Israel selatan, dalam serangan pembakaran pertama dari Jalur Gaza sejak awal Juli.

Tidak ada cedera atau kerusakan properti yang dilaporkan. Pemerintah Israel yang baru, yang dilantik pada bulan Juni, telah menanggapi serangan balon pembakar sebelumnya dengan serangan udara terhadap sasaran Hamas. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.