Guru di Gaza Pertanyakan Gaji Tak Menentu ke PBB

 

Gaza, MINA – Para guru di Jalur Gaza mempertanyakan mengapa pekerjaan mereka tetap tidak menentu meskipun PBB berhasil mengumpulkan dana.

sebagai lembaga PBB yang menyalurkan bantuan untuk pengungsi Palestina hampir mengatasi kekurangan dana yang disebabkan oleh AS. Namun lembaga tersebut masih gagal mengembalikan gaji dan posisi yang telah dipotong sebelumnya, menyebabkan protes di Gaza.

“Apa yang mencegah UNRWA memberikan kami kontrak, karena mereka sendiri mengatakan krisis telah berakhir?” tanya Malak, seorang guru yang lulus ujian tahun lalu dan telah dijanjikan kontrak. Al-Araby melaporkan Jumat (18/1).

Keputusan oleh Presiden AS Donald Trump pada Agustus untuk mengakhiri semua dukungan keuangan untuk UNRWA, menangguhkan pendanaan $ 360 juta, (sekitar Rp5.123 triliun) menyebabkan krisis keuangan di lembaga tersebut.

Ini berarti pengurangan 125 pekerjaan layanan darurat, mengubah 570 posisi staf menjadi paruh waktu dan memindahkan 270 karyawan ke program lain dan berhenti menawarkan kontrak permanen kepada karyawan.

Sementara itu, UNRWA mengeluarkan seruan internasional untuk sumbangan guna menutupi kesenjangan drastis yang ditinggalkan oleh penarikan AS. Dan ternyata berhasil secara mengejutkan.

Pada bulan November, kepala agen Pierre Kraehenbuehl mengatakan bahwa kekurangan itu telah berkurang menjadi $ 64 juta.

Ia berterima kasih kepada Arab Saudi karena telah menyelesaikan sumbangan $ 50 juta. Negara lain yang berjanji untuk menyumbangkan masing-masing $ 50 juta adalah Kuwait, Uni Emirat Arab dan Qatar.

Namun UNRWA belum membuat langkah untuk mengembalikan pengurangannya.

Protes guru pertama kali diselenggarakan pada November 2017, setelah para guru yang telah lulus ujian ketenagakerjaan pada bulan Mei tahun itu ditolak kontraknya.

Mereka memboikot pertemuan yang diadakan UNRWA untuk menjelaskan kebijakan dan prosedurnya, termasuk persyaratan bahwa semua guru yang tidak menerima kontrak harus mengikuti ujian kerja dalam dua tahun.

Ujian itu dibatalkan seluruhnya pada musim semi 2018 dan belum ada keputusan yang diumumkan untuk ujian tahun ini.

Para guru terus memprotes selama musim panas 2018, sampai Trump memanfaatkan ancamannya untuk memotong semua dukungan dari UNRWA.

Para guru kemudian menghentikan demonstrasi mereka untuk memberi UNRWA waktu untuk mengisi kesenjangan uang.

Tapi sekarang, kata mereka, tidak ada lagi pembenaran untuk pemotongan lanjutan. Para guru setuju untuk menunda kembali ke jalan atas permintaan serikat mereka, setelah UNRWA setuju untuk meninjau kebijakannya selama beberapa minggu ke depan. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.