Haedar Nashir: Gerakkan Kebangkitan Nasional Bangun Kesadaran Berbangsa

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir (Foto: M)

Jakarta, MINA – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, gerakan kebangkitan nasional membangun kesadaran berbangsa atau nasionalisme untuk Indonesia merdeka.

“Gerakkan oleh seluruh kekuatan rakyat dari berbagai aliran dan golongan kebangsaan, kedaulatan Indonesia dapat diwujudkan melalui berbagai kebijakan strategis dan praktis konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Haedar dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024 di Jakarta, Senin (20/5).

Haedar mengatakan, negara dengan kekayaan alam dikelola dengan amanah dan pertanggungjawaban moral tinggi demi keadilan, kemakmuran, dan kemajuan seluruh rakyat Indonesia.

“Kami beharap pemerintah terpilih mampu mewujudkan kedaulatan Indonesia di bumi nyata, sekaligus mewujudkan seluruh aspek tujuan nasional Indonesia sebagai mandat luhur dan utama dalam jiwa kenegarawanan yang tinggi,” katanya.

Baca Juga:  Renungan Idul Adha, Mensyukuri Kenikmatan Allah

Menurutnya, pemerintahan dari periode ke periode berkewajiban menegakkan kedaulatan Indonesia dalam satu kesatuan, misi utama menjalankan kebijakan dan roda pemerintahan dari pusat sampai daerah sebagaimana diperintahkan oleh UUD 1945.

Ke depan, lanjutnya, Indonesia wajib hukumnya dijaga dan ditegakkan kedaulatan dirinya sebagai negara yang sepenuhnya berdaulat dari segala intervensi dan kehadiran pihak asing maupun domestik yang berdampak sistematik dalam pelemahan kedaulatan negara dan bangsa.

“Semoga pesan para pendiri dan tokoh bangsa tentang pentingnya kedaulatan Indonesia menjadi komitmen dan tindakan kolektif seluruh institusi pemerintahan negara serta tindakan para elite dan warga bangsa demi kejayaan Indonesia,” tutup Haedar.

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rendi Setiawan