HAKTEKNAS KE-20 FOKUS PADA THEMA PANGAN, ENERGI DAN MARITIM

Menteri Ristek dan Teknologi Perguruang Tinggi (Ristekdikti), Muhammad Nasir. (Foto: Chamid/MINA)
Menteri Ristek dan Teknologi Perguruang Tinggi (Ristekdikti), . (Foto: Chamid/MINA)

Jakarta, 21 Syawwal 1436/6 Agustus 2015 (MINA) – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan, Peringatan (Hakteknas) ke 20 tgl. 10 Agustus mendatang,  akan fokus pada thema tentang tiga hal, yaitu; pangan, energi dan maritim.

“Thema yang diambil adalah Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa. Melalui thema tersebut semoga istilah Indonesia untuk Dunia bisa diwujudkan,” kata Muhammad Nasir kepada wartawan saat memberikan Press Briefing di ruang rapat gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Kamis (6/8).

Nasir mengatakan, selain itu thema juga berkaitan dengan perkembangan-perkembangan teknologi di negeri ini yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan dunia usaha, baik dunia usaha yang ada di dalam negeri, atau multi nasional.

Menurutnya, pendekatan yang dilakukan tersebut sesuai dengan nawacita dari Presiden Jokowi yaitu; pangan, energi dan maritim.

“Terkait dengan hal itu, diharapkan dapat memunculkan suatu inovasi baru, misalnya; bidang pangan, diusahakan, Indonesia bisa memiliki ketahanan pangan dan kemandirian atau kedaulatan pangan, sehingga swasembada pangan dapat dicapai, dan tidak perlu melakukan import makanan,” kata Nasir.

Dikatakan, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan beberapa kementerian terkait untuk mensukseskan program yang sedang dikerjakan, misalnya dengan Kementerian Pertanian dalam penyelenggaraan pemenuhan kebutuhan pangan, kemudian dengan Kementerian Perindustrian dalam hal penyiapan teknologi pangan.

“Demikian juga dengan kementerian pendukung dalam hal ini Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menyediakan sarana dan prasarana pertanian,” ujar Nasir menjelaskan.

Lanjutnya, juga akan dilibatkan, khusus dalam hal ini untuk bisa memberikan informasi cuaca, bagaimana produksi atau tanaman pangan yang bisa diproduksi yang sesuai di berbagai situasi, baik musim hujan, kering dan lainnya.

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) merupakan suatu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus berdasarkan Keputusan Presiden No. 71 Tahun 1995. Hakteknas dicanangkan pada 10 Agustus 1995, bertepatan dengan diterbangkannya pesawat buatan Indonesia asli, yaitu pesawat N250 Gatotkaca yang sangat canggih, paling canggih pada jamannya.

Peringatan hari puncak Hakteknas tahun ini akan diselenggarakan di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI-AL di pada Senin, 10 Agustus 2015 yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. (L/P010/P011-P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0