Houthi Yaman Rilis Foto Tentara Saudi dan Sudan yang Ditangkap di Jizan

Gambar yang dirilis oleh biro media Pusat Komando Operasi Yaman pada 14 Juni 2021 menunjukkan beberapa tentara Saudi dan Sudan ditangkap selama operasi di Jizan, Arab Saudi. (dok. Press TV)

Sanaa, MINA – Biro Media Pusat Komando Operasi telah menerbitkan gambar dan wawancara sejumlah dan tentara bayaran Sudan yang ditangkap dalam operasi baru-baru ini di wilayah Jizan, Arab Saudi.

Dalam pengakuan mereka yang disiarkan di televisi al-Masirah milik Yaman, para tawanan memperkenalkan diri mereka sendiri dan berbicara tentang unit-unit militer yang berafiliasi dengan mereka.

Mereka mencatat perlakuan manusiawi terhadap mereka di tangan Houthi Yaman dan pejuang dari Komite Populer, dan meyakinkan keluarga mereka bahwa mereka dalam keadaan sehat, Press TV melaporkan.

Mereka juga mengimbau pihak berwenang Saudi untuk mengamankan kebebasan mereka, menggambarkan operasi militer yang dipimpin Saudi terhadap Yaman “tidak adil dan tidak masuk akal.”

Mereka ditangkap setelah pasukan Houthi dan pejuang sekutu dari Komite Populer melakukan operasi militer besar di wilayah strategis Jizan, Arab Saudi, selama beberapa hari terakhir, membangun kendali atas banyak situs militer.

Banyak tentara Saudi, tentara bayaran Sudan dan milisi yang disponsori Saudi yang setia kepada Presiden Yaman Abd-Rabbuh Mansour Hadi terbunuh atau ditangkap dalam proses itu. Sejumlah besar amunisi dan peralatan militer disita dari mereka.

Seorang sumber militer mengatakan, pasukan tentara Houthi merebut kendali atas pegunungan MBC, di samping daerah Tabab al-Fadhia, al-Tabba al-Bayda, al-Qambora, al-Amoud, Tawaleq dan Qa’im Sayab Timur selama operasi multi-cabang.

Sumber itu mengatakan lebih dari 80 tentara Saudi dan tentara bayaran Sudan tewas dalam serangan itu, sementara 29 kendaraan militer dihancurkan dan dibakar. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)