IBF 2019 Hadirkan 48.250 Judul dan Jutaan Eksemplar Buku Islam

Jakarta, MINA – Sebanyak 48.250 judul dan jutaan eksemplar dipamerkan pada acara Islamic Book Fair (IBF) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (27/2).

“Dalam pameran ini jumlahnya sebanyak 48.250 judul buku dengan total jumlah yang ada di pameran ini mencapai 3.690.000 eksemplar buku-buku Islam,” kata Ketua M Anis Baswedan dalam sambutannya.

Anis mengatakan Konsep pameran IBF yang diusung sebagai wisata literasi Islami ini, akan selalu memberikan manfaat dan menumbuhkan minat dan budaya baca untuk masyarakat Muslim.

“Semakin banyak masyarakat yang mengunjungi IBF dan semakin banyak penerbit buku Islam yang ikut bergabung IBF. IBF tahun ini semakin menarik, publikasinya semakin meluas dan wahana kid zone semakin variatif. Pengunjung bisa datang ke IBF sebagai kegiatan wisata yang indah dan menyenangkan,” ucapnya.

Ia mengatakan Panitia IBF 2019 juga memberikan penghargaan kepada penulis buku Islam yang legendaris.

“Yang dimaksud dengan penulis buku Islam Legendaris itu yakni, karya-karyanya mampu bertahan sekian tahun dan dicetak berulang kali selama beberapa dasawarsa,” kata Anis.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin yang juga Ketua Harian Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengatakan, dengan adanya IBF 2019 ini, bisa menciptakan budaya membaca di tengah masyarakat luas, khususnya Umat Islam.

“Literasi menjadi sangat penting, karena dengan membaca kita dapat mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi dunia,” kata Syafruddin yang hadir pada pameran tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia, sehingga dengan menumbuhkan budaya membaca maka cara pikir manusia akan semakin maju dan terbuka.

IBF 2019 mengusung tema“Literasi Islam untuk Kejayaan Bangsa”, yang berlangsung selama lima hari sejak Rabu 27 Februari hingga Ahad 3 Maret 2019.

Islamic Book Fair merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh  Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jakarta. Penyelenggaraan IBF tahun 2019 merupakan kali kedelapan belas sejak awal digelar pada 2002 lalu. (L/Haf/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hafidzh nai

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.