IKBS Ajak Masyarakat Singkawang Beri Bantuan Peduli Suriah

Singkawang, 3 Sya’ban 1437/11 Mei 2016 (MINA) – Ikatan Kreatif Biak Singkawang (IKBS) melakukan aksi penggalangan dana bantuan untuk korban Suriah di pusat kota Singkawang, Rabu (11/5).

Penggalangan dana ini dilakukan sejak Senin hingga Sabtu mendatang. “Hari pertama penggalangan dana bisa dibilang masih uji coba. Kami ingin cari tahu teknis penggalangan dananya dan melihat seberapa besar respon masyarakat Singkawang. Jadi di hari pertama kami belum berani mengajak masyarakat untuk ikut turun di jalan karena urusan perizinan belum selesai,” ujar Ketua IKBS, yang akrab dipanggil Oland kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu.

“Karena hari kedua perizinan sudah selesai dan melihat respon baik dari masyarakat, jadi kami melanjutkan penggalangan dana ini hingga malam Ahad,” tambahnya.

Baca Juga:  Dua Buku Teguh Santosa Lengkapi Pojok Baca Digital PWI

Penggalangan dana ini dilakukan atas kerjasama dengan Syam Organizer, Skyla Cafe, Master English Faster (MEF), Kangen Water Singkawang dan beberapa elemen pemuda Singkawang. Para relawan ini menyebarkan informasi tentang derita masyarakat Suriah dan mengajak masyarakat kota Singkawang untuk memberikan bantuan sukarela.

Oland mengatakan, “Kami tidak memasang target dana yang harus terkumpul. Tapi kami berharap dana yang akan disumbangkan untuk Suriah bisa terkumpul sebanyak mungkin.”

Penggalangan dana ini berpusat di depan Masjid Raya Singkawang, dan tersebar di beberapa jalan di pusat kota. Para mahasiswa juga ikut turun ke jalan melakukan aksi penggalangan dana.

Penggalangan dana Suriah ini dilakukan setelah Ashar hingga menjelang Magrib.

Baca Juga:  Sajeriah Jamaah Haji Tunanetra, 14 Tahun Menanti Wujudkan Mimpi ke Tanah Suci

Oland mengatakan, dana bantuan yang terkumpul akan disalurkan melalui Syam Organizer lembaga kemanusiaan di Timur Tengah.

“Penggalangan dana ini adalah sebagai bentuk simpati kami atas konflik yang terjadi di Suriah. Dan kami berharap penggalangan dana ini dapat membantu para korban di Suriah. Insya Allah awal bulan Ramadhan mendatang, kami akan melakukan aksi penggalangan dana lagi,” ujarnya. (L/P006/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf