IKMAL Mesir Silaturahim Bersama Santri Ponpes Al-Fatah

Ketua Ikatan Mahasiswa Lampung (IKMAL) Mesir 2021/2022, Dicky Aziz Gunawan saat bersilaturahim bersama ribuan santri Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Rabu (15/3) malam.

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Ketua Ikatan Mahasiswa Lampung (IKMAL) Mesir 2021/2022, Dicky Aziz Gunawan bersilaturahim bersama santri , Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Rabu (15/3) malam.

Dalam penyampaiannya, Dicky mengajak santri mempunyai target capaian dalam menuntut ilmu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dimulai dari targetan yang sederhana, tidak terlalu banyak, tapi bisa tercapai.

“Manusia memang sering memiliki rasa malas. Kadang tidak akan bergerak kecuali ada target terkait apa yang ingin dicapai, maka ia perlu menciptakan tekanan yang positif dan istiqomah dalam menjalankannya, karena kemuliaan yang paling tinggi adalah istiqomah,” katanya.

Lebih lanjut Dicky menekankan, proses belajar meski harus dalam keadaan “dipaksa” merupakan proses kristalisasi. “Saya dulu menulis target harian di lemari. Saya mulai dengan sedikit, satu saja dulu, jangan banyak, kalau banyak nanti malas. Satu dulu, sampai Istiqomah dalam 40 hari tambah dua targetan, begitu seterusnya. Kalian akan jadi kristal yang sangat mahal, maka maksimalkan dengan belajar tekun, mencapai target yang telah dibuat,” katanya.

Dicky juga menceritakan pengalaman dan proses bisa menempuh studi di Al-Azhar Mesir hingga tamat S1 dan saat ini menjadi mahasiswa S2 di Universitas ternama di Kairo tersebut.

“Saya menuntut ilmu ke Mesir, karena termotivasi oleh keinginan orang tua yang ingin anaknya ada yang bisa menuntut ilmu di Timur Tengah, selain itu juga diri saya ingin sekali menjadi pendakwah yang mendakwahkan Islam di tengah masyarakat,” ucapnya.

Pada akhir penyampaiannya ia berpesan kepada santri untuk taat dan patuh kepada guru. Orang yang mendengarkan nasehat guru akan mendapat hidayah keberkahan dan mereka itu termasuk orang yang memaksimalkan akal.

Dicky juga mengajak santri yang berminat untuk melanjutkan studinya ke Mesir untuk mempersiapkan diri dengan kemampuan hafalan, kemampuan baca kitab, ilmu nahwu sharaf.

Silaturahim ini merupakan silaturahim balasan. Sebelumnya, alumnus Ponpes Al-Fatah Lampung, Nurhadis bersilturahim ke sekretariat IKMAL yang memiliki anggota 200 mahasiwa asal Lampung. (L/chy/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.