Ilhan Omar, Kembali Terpilih Jadi Anggota Kongres AS

Foto: Istimewa

Minnesota, MINA – , Muslimah kelahiran Somalia pada Rabu (4/11) kembali terpilih sebagai Anggota Kongres Amerika Serikat (AS).

Perwakilan AS dari Partai Demokrat itu memenangkan masa jabatan kedua dengan selisih lebar di distrik ke-5 yang padat di Minneapolis, Minnesota.

Seperti dikutip dari Al Jazeera, Omar (38) mengalahkan penantangnya dari Partai Republik, yaitu seorang pengusaha Afrika-Amerika Lacy Johnson, dengan 64,6 persen suara dibanding 25,9 persen, menurut kantor berita The Associated Press dengan 99 persen suara dihitung.

Wanita berhijab itu adalah anggota Somalia-Amerika pertama di Kongres AS dan salah satu dari dua wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres pada 2018.

Ia merupakan salah satu anggota “Skuad” yang terdiri dari empat wanita kongres Demokrat progresif, seperti Rashida Tlaib dari Detroit, Alexandria Ocasio-Cortez dari New York City dan Ayanna Pressley dari Boston.

Keempatnya mewakili faksi baru yang muncul dari politisi muda progresif yang mendorong kepemimpinan Partai Demokrat di DPR. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)