Imaam Yakhsyallah: STAI Al-Fatah Lahirkan Generasi Berkualitas dalam Dakwah

Foto dokumentasi : Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur saat memberikan tausiyah kepada mahasiswa wisuda STAI Al-Fatah. (Foto : Risma/MINA)

 

Cileungsi-Bogor, MINA – Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur mengatakan, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah melahirkan generasi berkualitas di bidang komunikasi dakwah Islam.

Imaam Yakhsyallah mengatakan hal itu di hadapan jamaah Masjid At-Taqwa Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Ahad malam (21/1/2018).

Ia mencontohkan, karya-karta tulisan mahasiswa STAI Al-Fatah saat ini beberapa dimuat di harian nasional, di samping beberapa orang menjadi jurnalis di Kantor Berita MINA.

Untuk itu, menurutnya, STAI Al-Fatah yang dirintis awal oleh Imaam Muhyiddin Hamidy (alm) harus terus dikembangkan.

“Kepada pemuda yang memiliki minat di bidang komunikasi, terutama dakwah dan jurnalistik, agar masuk ke STAI Al-Fatah,” ujarnya.

Apalagi saat ini, generasi yang ahli dalam dakwah lewat tulisan atau media masih langka, imbuhnya.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Ali Farkhan Tsani, pada kesempatan sama menambahkan, kurikulum di jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) saat ini terus semakin disempurnakan. Di antaranya dengan memperbanyak praktik lapangan, pelatihan bahasa Arab dan Inggris komunikasi, serta diperkuat dengan bimbingan tahsin dan tahfiz Al-Quran.

Insyaallah kalau sebelumnya mahasiswa magang di beberapa media massa nasional, ke depan mereka yang memiliki kemampuan bahasa asing memadai akan magang liputan di kantor berita asing seperti Anadolu (Turki), Al Jazeera (Qatar), WAFA (Palestina), dan lainnya,” ujarnya.

Ia juga berharap, para alumninya kelak dapat ditempatkan sebagai kader dakwah di mancanegara, seperti di Malaysia, Filipina, Thailand, Australia, dan sebagainya.

Ali Farkhan, yang juga Redaktur Senior Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency) menyatakan juga, panitia saat ini di samping mengadakan sosialisasi ke wilayah-wilayah dan cabang-cabang Pesantren Al-Fatah, juga menyebarkan informasi melalui media massa dan media sosial.

“Biaya pendidikan di kampus juga relatif terbantu dengan adanya kesempatan beasiswa dari instansi terkait,” imbuhnya.

STAI Al-Fatah berdiri di kompleks Pesantren Al-Fatah Pasirangin, Cileungsi, Bogor, dengan Izin Operasional Dirjen Binbaga Depag RI No: Dj.I/290/2007 tertanggal 9 Agustus tahun 2007.

Para dosen merupakan alumni Timteng, LIPIA, AS, Cina, PTN, Wartawan Senior serta Penyiar Radio dan TV berpengalaman.

Di samping mahasiswa menerima mata kuliah keahlian seperti : Jurnalistik (Cetak, Audio, Visual), Desain Dakwah, Public relation, IT, Marketing, Manajemen dan Broadcasting. Juga mendapatkan mata kuliah keilmuan, seperti: Aqidah, Akhlaq, Jama’ah Imaamah, Ulumul Quran-Hadits, Tafsir, Fiqih, serta Al-Quds dan Al-Maqdisiyah.

Penerimaan calon mahasiswa baru lulusan SMA/sederajat, maupun yang saat ini duduk di kelas III SMA, dapat menghubungi Panitia PMB STAI Al-Fatah Telp: 021-823-5331 atau WA 0822-2142-7842. (L/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.