Indonesia Inisiasi Pertemuan Tiga Negara Bahas Masalah Keamanan

Foto: Kemlu RI

 

Jakarta, 27 Ramadhan 1438/22 Juni 2017 (MINA) – Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi menghadiri   tentang Keamanan, antara , dan Malaysia, Kamis (22/6), di Manila. Demikian keterangan dari @portal_Kemlu_RI.

Pertemuan atas inisiasi Indonesia tersebut diikuti Retno bersama rekan-rekannya, Menteri Luar Negeri Filipina Alan Peter S. Cayetano, Menteri Luar Negeri Malaysia Dato’ Sri Anifah Hj. Aman.

Pertemuan membahas ancaman terorisme, terutama yang berkaitan dengan pembangunan di Kota Marawi.

Para menteri mengemukakan keprihatinan atas insiden terorisme dan ekstremisme baru-baru ini di negara mereka, dan menegaskan kembali keinginan mereka untuk bekerja sama untuk bersama-sama mengembangkan dan menerapkan strategi dan strategi kontra-terorisme.

Para Menteri juga mengulangi pandangan bersama mereka bahwa keberhasilan dalam menangani ancaman transnasional secara efektif hanya dapat dicapai melalui pengembangan strategi yang tepat, dan kerja sama dalam keamanan dan intelijen dalam skala regional.

Pertemuan tersebut menggarisbawahi kebutuhan untuk memperkuat kerja sama melawan terorisme, terutama yang menangani akar masalahnya.

Menlu RI juga menyatakan, pemberdayaan ekonomi dan pendidikan merupakan kunci dalam menangani masalah situasi di daerah perbatasan

Pertemuan Trilateral itu menghasilkan sebuah Joint Statement yang menguraikan bidang kerjasama antara ketiga negara tersebut.

Menindaklanjuti hal ini, para Menteri sepakat pertemuan berikutnya akan diadakan di Indonesia pada bulan Oktober 2017.(L/R04/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.