Indonesia, Mozambik Perkuat Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan

Konferensi pers bersama Presiden RI Joko 6fan Presiden Republik Mozambik Filipe Nyusi di Kantor Presiden Republik Mozambik, Maputo Rabu (23/8/2023) (foto: BPMI Setpres RI)

Maputo, MINA – Presiden RI Joko Widodo menyampaikan komitmen Indonesia untuk memperkuat kemitraan dengan melalui kerja sama dalam bidang ekonomi dan pembangunan.

“Indonesia terus berkomitmen untuk memperkuat kemitraan dengan Mozambik melalui kerja sama konkret baik di bidang ekonomi maupun pembangunan,” ucap Jokowi dalam keterangannya usai melaksanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Mozambik Filipe Nyusi di Maputo, Rabu (23/8).

Hal tersebut dikarenakan Presiden Jokowi menilai Mozambik merupakan sahabat dekat Indonesia dan juga mitra Preferential Trade Agreement (PTA) pertama Indonesia di Afrika.

“Mozambik adalah sahabat dekat Indonesia yang merupakan mitra Prefential Trade Agreement pertama bagi Indonesia di Afrika,” kata Presiden.

Dalam bidang investasi, Presiden Jokowi menyambut baik rencana investasi pengelolaan minyak dan gas oleh Indonesia di Mozambik hingga perluasan investasi pada sektor energi.

Baca Juga:  Kuota Terpenuhi, Masyarakat Diimbau Jangan Tertipu Tawaran Berangkat dengan Visa Non Haji

“Saya menyambut baik rencana investasi untuk pengelolaan gas end-to-end oleh BUMN Indonesia dan perluasan investasi di sektor pembangkit listrik,” ucapnya.

Selain hal tersebut, Jokowi j uga turut menyambut baik investasi dari produksi dan penjualan gas oleh perusahaan Indonesia di Mozambik. “Serta produksi dan penjualan distribusi gas oleh perusahaan swasta Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, Jokowi turut mendorong terbentuknya Bilateral Investment Treaty (BIT) antarkedua negara dengan meminta kementerian terkait untuk segera menyelesaikannya.

“Saya juga menyambut baik rencana pembentukan Bilateral Investment Treaty dan menugaskan menteri terkait untuk segera diselesaikan perjanjian ini,” katanya.

Jokowi menyebut, Indonesia dan Mozambik telah sepakat untuk memperkuat kerja sama ketahanan kesehatan Mozambik melalui pengadaan vaksin, obat-obatan, dan alat kesehatan.

Baca Juga:  Jelang Kemarau, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Panas

“Dan (saya) meminta dukungan Presiden Nyusi untuk proses registrasi vaksin Indonesia,” sambungnya.

Mozambik merupakan negara ketiga dalam rangkaian kunjungan kerja
Presiden Benua Afrika setelah Kenya dan Tanzania sebelum.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.