Serangan Al-Qassam Tewaskan dan Lukai Sejumlah Tentara Israel di Kerem Shalom

Pasukan pejuang Al-Qassam (Foto: File)

Gaza, MINA – Sejumlah tentara pendudukan Israel menderita luka-luka serius, akibat serangan roket Brigade Al-Qassam (sayap militer Hamas) di situs Karm Shalom di tenggara Jalur Gaza, Ahad (5/5).

Brigade Al-Qassam mengatakan, pejuangnya menyerang konsentrasi pasukan pendudukan di situs Karm Abu Salem dan sekitarnya dengan sistem rudal “Rajoum” jarak pendek 114 mm.

Saluran berita Ibrani 12 yang dikutip Qudsn melaporkan, jumlah orang yang terluka dalam serangan di situs Kerem Shalom telah meningkat menjadi 7 orang, termasuk 3 orang luka berat.

Juru bicara ambulan Israel, berbicara tentang beberapa korban luka serius dalam peyerangan di situs Kerem Shalom.

Sumber-sumber Ibrani melaporkan adegan helikopter pendudukan mengangkut tentara yang terluka setelah Brigade Qassam mengebom situs Karm Abu Salem dekat Jalur Gaza.

Baca Juga:  Serangan Udara Israel Jatuh dekat Guest House MER-C di Gaza

Sumber-sumber Ibrani menambahkan bahwa kejadian di lokasi Kerem Shalom “tidak biasa,” dan tentara memanggil helikopter untuk mengangkut korban luka.

Sementara itu, TV Al-Aqsa mengutip sumber-sumber keamanan dan lapangan tentang serangan ke situs Kerem Shalom, mengatakan, informasi yang dikonfirmasi mengenai perlawanan menyebutkan setidaknya 3 orang tewas dan sekitar 10 orang terluka sedang dan serius.

Sumber menambahkan, operasi tersebut menargetkan pos komando tentara pendudukan yang baru-baru ini didirikan di sebelah timur situs militer Kerem Shalom, dan bertujuan untuk mengatur operasi yang menargetkan Kegubernuran Rafah dua minggu lalu dan merencanakan operasi Rafah, dan melibatkan perwira Shin Bet dan jenderal.

Menurut sumber tersebut, pasukan pendudukan Israel meninggalkan korban luka dan tewas di tempat tersebut tanpa melakukan intervensi selama sekitar satu jam penuh, karena ada serangan pengeboman lanjutan hingga pukul 14:40 waktu setempat.

Baca Juga:  Ini 7 Alasan Israel Ingin Serang dan Kuasai Rafah

Sistem persenjataan Rajum adalah sistem artileri roket jarak pendek 114 mm. Kaliber proyektil biasanya mengacu pada diameter proyektil itu sendiri, dan juga merupakan ukuran diameter dalam tabung artileri yang meluncurkan proyektil.

Diameter ini menunjukkan bahwa massa hulu ledak yang dibawa proyektil berkisar antara 2-3 kilogram.

Dari tampilan luarnya, tampak sistem Rajum adalah peluncur roket ganda, yang merupakan jenis artileri roket terarah, yang terutama ditujukan untuk mempersiapkan medan perang dengan memberikan dukungan tembakan langsung kepada pasukan darat segala jenis sumber api dan menargetkan posisi musuh secara umum.

Sementara itu, Brigade Al-Qassam mengatakan, pejuangnya bersama dengan Brigade Al-Quds, membom pasukan Zionis yang ditempatkan di poros “Netzarim” dengan rudal jarak pendek “107”.

Baca Juga:  Spanyol Larang Kapal Bawa Senjata ke Israel di Pelabuhannya

Brigade Al-Quds menambahkan, mereka mengebom dengan mortir posisi tentara musuh Zionis di sekitar kawasan Al-Baidar di Jalan Al-Rashid, sebelah barat Kota Gaza. []

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi