Indonesia Power dan IZI Adakan Pengobatan Gratis di Kampung Pesisir

Semarang, MINA – LAZ Nurul Barqi PT Indonesia Power bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah kembali menyelenggarakan kegiatan Layanan Kesehatan Keliling di Masjid Raudhatul Muttaqin RW XII Kelurahan Tanjungmas Semarang.

Kegiatan yang terselenggara berkat sinergi antara PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang, PT Kalimantan Jawa Gas, dan IZI Jateng ini sekaligus mengawali serangkaian Program Layanan Kesehatan Keliling di tahun 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (19/11) bertindak sebagai tim medis, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang mendatangkan segenap tim mulai dari dokter, perawat, sampai dengan apoteker yang pada kesempatan kali ini melayani pasien dewasa dan anak anak balita.

Layanan pengobatan gratis diawali dengan serangkaian acara seremonial yang dibuka langsung oleh Lurah Tanjungmas, Margo Haryadi.

Margo menyambut baik kegiatan yang bertujuan memakmurkan masjid ini.

“Mewakili masyarakat Tanjungmas saya berterima kasih kepada Indonesia Power dan segenap lembaga yang turut bersinergi memakmurkan masjid.” ujarnya.

Sementara itu, Darmawan perwakilan dari PT Indonesia Power mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari usaha PT Indonesia Power dan PT Kalimantan Jawa Gas untuk lebih dekat dengan masyarakat sekitar.

Sementara masyarakat RW XVI berada di lingkungan padat penduduk, mereka umumnya bekerja sebagai buruh di pelabuhan dan di pabrik.

Sementara itu, penyakit yang sering dikeluhkan adalah hipertensi, gula darah, dan penyakit kulit .

Suparman salah satu warga merasa sangat terbantu dengan program layanan kesehatan gratis. Ia mengaku sering pusing dan merasakan nyeri dibagian persendian.

Selain itu, Raminah (33) yang memeriksakan putrinya sangat berterima kasih atas pemberian makanan tambahan. Ia sengaja datang untuk memeriksakan putrinya yang ternyata sakit radang tenggorokan.

Djoko Adhi selaku Kepala Kantor Perwakilan IZI Jawa Tengah juga bersyukur adanya program Layanan Kesehatan Keliling ini, karena kegiatan yang dilaksanakan di masjid ini menjadi salah satu ikhtiar model pemberdayaan kegiatan masjid khususnya program kesehatan.(L/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)