Infeksi Covid-19 Naik Lima Kali Lipat, Filipina Siap Lockdown Lagi

Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: AFP/Toto Lozano)

Manila, MINA – Lebih dari 27 juta orang di – sekitar seperempat jumlah penduduk – akan kembali dikurung () pada Selasa (4/8) setelah petugas kesehatan yang kewalahan memperingatkan, negara itu kalah dalam pertempuran melawan virus corona baru ().

Sejak awal Juni, ketika banyak negara menerapkan perintah tinggal di rumah terpanjang di dunia, infeksi terkonfirmasi di negara kepulauan itu meningkat lima kali lipat, melonjak melewati 100.000 kasus.

Pembatasan baru yang diumumkan oleh Presiden Rodrigo Duterte pada Ahad malam (2/8) berlaku untuk ibu kota Manila dan empat provinsi sekitarnya di pulau utama Luzon, demikian dikutip dari Nahar Net.

Selama dua pekan ke depan, transportasi umum, termasuk minibus jeepney yang ada di mana-mana akan dihentikan, penerbangan domestik dihentikan untuk mencoba dan memperlambat penyebaran virus, yang telah menewaskan lebih dari 2.000 orang di negara ini.

Orang-orang telah diperintahkan untuk tinggal di rumah, kecuali mereka perlu membeli barang-barang penting atau berolahraga di luar ruangan.

Hanya sejumlah kecil bisnis yang akan diizinkan untuk beroperasi dan restoran akan diizinkan untuk melakukan take-aways saja.

“Kami benar-benar gagal. Tidak ada yang mengantisipasi ini,” kata Duterte, ketika ia menolak telepon Menteri Kesehatan Francisco Duque untuk dipecat.

“Tidak ada yang mengira ribuan akan jatuh sakit dalam satu hari,” tambahnya.

Langkah itu dilakukan setelah 80 asosiasi medis yang mewakili puluhan ribu dokter pada hari Sabtu menyerukan Duterte untuk memperketat pembatasan virus karena rumah sakit tidak mampu mengatasi masuknya pasien.

Pada hari Senin (3/7), mereka menyambut keputusan Duterte, dengan mengatakan itu akan memberi ruang medis kepada para pekerja medis dan memberi waktu bagi sistem untuk menangani lonjakan.

Filipina mengumumkan rekor 5.032 infeksi baru pada hari Ahad.

Lebih dari 5.000 pekerja medis telah tertular virus – termasuk 500 dalam sepekan terakhir, menurut angka Departemen Kesehatan.

Sebanyak 38 petugas medis telah meninggal sejauh ini. (T/RI-1/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.