IOC: Olimpiade Tokyo Tetap Digelar Juli 2021

Tokyo, MINA – Ketua Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee / IOC) Thomas Bach mengatakan, pesta olahraga multievent terakbar Olimpiade Tokyo akan tetap digelar pada Juli 2021 mendatang.

“Kami pada saat ini menyatakan, tidak ada alasan apapun untuk percaya bahwa Olimpiade di Tokyo tidak akan dibuka pada tanggal 23 Juli,” kata Bach dalam sebuah wawancara dengan Kyodo News,  yang dikutip MINA, Jumat (22/1).

Selain itu, lanjutnya, pemimpin negara dan penyelenggara Oolimpiade pun bertekad pesta olahraga multievent terakbar itu akan dilaksanakan.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan, :”Saya bertekad untuk mewujudkan Olimpiade Tokyo yang aman dan terjamin sebagai bukti bahwa umat manusia akan mengatasi virus Covid-19.” The Washington Post memberitakan.

Senada dengan itu, Menteri Olimpiade Jepang Seiko Hashimoto mengatakan dalam konferensi pers bahwa banyak acara olahraga telah berlangsung secara global di tengah tindakan pencegahan pandemi.

“Persiapan untuk Olimpiade yang sukses akan terus berlanjut untuk membawa harapan bagi orang-orang di seluruh dunia,” katanya.

Kemudian, CEO Tokyo 2020 Toshiro Muto mengatakan, komitmen penyelenggara tetap teguh untuk mengadakan Olimpiade musim panas ini. “Pembatalan tidak dibahas,” tambahnya.

Namun dia mengaku tidak bisa menjamin tribun penonton akan penuh atau mengesampingkan kemungkinan Olimpiade digelar tanpa penonton.

Olimpiade Tokyo rencanainya akan dibuka pada 23 Juli, dengan estafet obor nasional dijadwalkan dimulai pada akhir Maret 2021. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)