Iran Protes Keras Provokasi AS di Teluk Persia

Kapal perang AS di Teluk Persia. (dok. Fox News)

Teheran, MINA – Kementerian Luar Negeri memanggil Duta Besar Swiss yang negaranya mewakili kepentingan Amerika Serikat (AS), untuk menyampaikan kecaman keras Teheran atas tindakan provokatif dan agresif oleh pasukan Angkatan Laut AS di Teluk Persia dekat dengan garis pantai Iran.

Berbicara pada Kamis (23/4), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Abbas Mousavi mengatakan, “Pemanggilan berlangsung karena tindakan pelecehan dan provokasi oleh pasukan Amerika di Teluk Persia.”

Mousavi menambahkan, Duta Besar menerima catatan untuk menyampaikan kepada para pejabat Amerika, demikian dikutip dari Press TV.

Iran menilai AS menimbulkan ancaman, termasuk “kehadiran dan tindakan ilegal dan destabilisasi” di perairan utara Teluk Persia dan pantai-pantai Iran.

Menurut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), pasukan pertahanan elit Iran, kapal-kapal Amerika sebelumnya menggunakan perilaku “tidak profesional dan berbahaya” di perairan, “menyebabkan masalah” untuk salah satu kapal logistiknya yang sedang melakukan patroli rutin.

Namun, pernyataan Angkatan Laut AS menyatakan, 11 kapal IRGC telah mendekati enam kapal Angkatan Laut AS di Teluk Persia “dalam pendekatan berbahaya dan melecehkan.”

IRGC sangat membantah pernyataan itu, menyebut pernyataan itu “cerita Hollywood.” (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.