Iran Puji Tindakan Bushnell yang anti-Israel

Aaron Bushnell. (Gambar: dok. Press TV)

Teheran, – Pemerintah memuji , seorang anggota aktif Angkatan Udara AS yang melakukan pembakaran diri sebagai protes terhadap operasi genosida di Jalur yang diblokade.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Nasser Kan’ani mengatakan, aksi itu adalah suara kebangkitan hati nurani di Amerika Serikat.

Pernyataan Kan’ani itu disampaikan dalam unggahan di X pada Selasa (27/2). Press TV melaporkan.

Bushnell membakar dirinya sendiri di depan Kedutaan Besar Israel di Washington, D.C., sebagai bentuk protes terhadap dukungan pemerintah AS terhadap perang Israel di Gaza.

“Bakar diri yang dilakukan Aaron Bushnell, seorang perwira Angkatan Udara AS, sebagai protes terhadap kejahatan Zionis yang terus berlanjut di Gaza, menunjukkan betapa hati nurani AS yang terbangun merasa malu atas dukungan pemerintah mereka terhadap genosida warga Palestina,” kata Kan’ani.

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

“Tangisan Bushnell adalah suara keras kebangkitan hati nurani AS terhadap keterlibatan pemerintah dalam genosida Palestina,” katanya.

Penerbang berusia 25 tahun itu mengenakan pakaian militer AS pada hari Ahad (25/2) saat ia membakar dirinya sendiri setelah menyiram dirinya dengan cairan yang mudah terbakar.

“Saya tidak akan lagi terlibat dalam genosida. Saya hendak melakukan aksi protes ekstrem, tapi dibandingkan dengan apa yang dialami rakyat Palestina di tangan penjajah, itu tidak ekstrem sama sekali,” ujarnya dalam video yang dibuatnya sambil berjalan di depan Kedutaan.

“Inilah yang diputuskan oleh kelas penguasa sebagai hal yang normal. Bebaskan Palestina.”

Bushnell dilalap api selama kurang lebih satu menit sebelum petugas penegak hukum memadamkan api.

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

Pada Desember tahun lalu, seorang perempuan pengunjuk rasa juga melakukan aksi bakar diri di luar gedung konsulat Israel di Atlanta sambil memegang bendera Palestina, yang oleh polisi AS digambarkan sebagai “tindakan protes politik yang ekstrem.”

Pengunjuk rasa tersebut menderita luka bakar tingkat tiga di sekujur tubuhnya, dan pihak berwenang menolak untuk menyebutkan nama dan usianya. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.