Israel Bangun Zona Industri Sediakan Pekerjaan bagi Ribuan Warga Gaza

Gaza, MINA – Israel akan membangun zona industri di pemukiman yang berdekatan dengan Jalur Gaza untuk menyediakan pekerjaan bagi ribuan warga Gaza, MEMO melaporkan Selasa (28/6).

Pembangunan zona industri baru tersebut diumumkan dalam pertemuan pekan lalu di Erez antara otoritas pendudukan Israel dan perwakilan Kementerian Tenaga Kerja Palestina dan Otoritas Urusan Sipil di Gaza.

Para pekerja Palestina dari Gaza akan diberikan izin kerja pada September, serupa dengan yang dikeluarkan di Tepi Barat yang diduduki.

Namun, izin kerja hanya akan diberikan melalui operator Israel. Lokasi kerja yang izinnya berlaku akan terbatas pada proyek konstruksi dan pertanian. Selain itu, majikan Israel akan dapat menghentikan izin kerja untuk alasan apapun.

Menurut Arab48.com, ada juga pembangunan di persimpangan Erez (Beit Hanoun) yang dikendalikan Israel untuk memfasilitasi perjalanan para pekerja Palestina.

Sekitar 2,3 juta orang Palestina tinggal di Jalur Gaza yang diblokade Israel. Sebagian besar tidak dapat keluar untuk mencari pekerjaan di luar.

Gaza telah berada di bawah blokade pendudukan Israel yang ketat sejak 2007 dan menjadi sasaran serangan militer Israel berulang kali yang menyebabkan kerusakan skala luas, tingkat pengangguran yang tinggi, dan kemiskinan yang parah. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.