ISRAEL HANCURKAN RUMAH DAN FASILITAS PERTANIAN DI TUBAS

Foto: PNN
Foto: PNN

Bethlehem, 6 Dzulqa’dah 1436/21 Agustus 2015 (MINA) – Pasukan pendudukan Israel (IOF) dengan menggunakan buldoser, menghancurkan rumah-rumah dan fasilitas pertanian di daerah Oyoun di kota Tubas, Tepi Barat Utara.

Menurut sumber-sumber keamanan di Tubas, buldoser Israel tiba di Oyoun dan menghancurkan rumah-rumah dan fasilitas pertanian, Kamis (20/8). Palestine News Network (PNN), dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sebelumnya, Gerakan Solidaritas Internasional (ISM), Rabu (19/8) mengatakan, IOF mulai menghancurkan rumah bertingkat tiga milik keluarka Totah dan Totanji di wilayah Yerusalem Timur, Wadi Joz.

“Bersama dengan tentara yang berjumlah besar, serta polisi yang memblokir jalan utama di Wadi Joz. IOF menghancurkan rumah milik warga Palestina menggunakan jaringan listrik. Mereka menendang keluarga dan orang-orang ke jalan, di tengah cuaca yang panas, dan tidak menunjukkan kemanusiaan,” katanya.

Penduduk Wadi Joz, Lain Nureddin mengatakan, “IOF ingin menyita seluruh wilayah.”

Pada 31 Maret 2015, IOF menghancurkan sebagian besar rumah Nureddin Amro, dan saudaranya Sharif Amro, keduanya buta dan hidup bersama keluarga mereka, termasuk 7 anak di bawah usian 14 tahun dan ibu mereka yang berusia 79 tahun. Sebelumnya tidak pernah ada perintah pembongkaran rumah-rumah, dan tidak ada pemberitahuan. IOF hampir tidak menunggu keluarga yang ada di dalam rumah untuk meninggalkan ruangan yang akan dibongkar dan diserang secara fisik. Beberapa properti milik keluarga totah juga hancur pada saat itu. Sejak itu, keluarga Amros dan Totah hidup dalam ketakutan. Rumah-rumah lain di wilayah itu juga dijadwalkan untuk pembongkaran.

Wadi Joz terletak di luar kota tua Yerusalem di daerah yang rentan dengan penghancuran dua minggu terakhir ini. Tanah di dekat wilayah tersebut telah dianekasi oleh Israel untuk membuat taman nasional yang juga meliputi pemukiman ilegal Israel.(T/P008/P2/)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0