Israel Hancurkan Rumah Warga Palestina yang Sedang Dibangun di Silwan

foto: Ma'an News Agency
foto: Ma’an News Agency

Al-Quds, 10 Rabi’ul Akhir 1437 / 20 Januari 2016 (MINA) – Tentara Israel menghancurkan sebuah rumah dalam pembangunan milik warga   di lingkungan di Al-Quds Timur.

Pemilik bangunan rumah, Samir Nassar, mengatakan, tentara Israel menyerbu wilayah Silwan, sekitar pukul 4 pagi dengan dikawal polisi Israel dan merobohkan rumahnya tanpa pemberitahuan sebelumnya, demikian Ma’an News Agency, Rabu (20/1), dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Israel mengatakan, rumah itu dibongkar karena  dibangun tanpa perizinan.

Nassar mengatakan, ia mulai membangun rumah yang berukuran 300 meter persegi itu sejak tiga bulan lalu.

Izin bangunan adalah mahal dan sulit diperoleh warga Palestina, khususnya di daerah Al-Quds, di mana pemerintah Israel  berusaha meningkatkan populasi kependudukan ilegal Yahudi.

Di daerah Silwan khususnya, dalam beberapa tahun terakhir, pemukim-pemukim ilegal Israel telah menghancuran rumah-, serta melakukan pengusiran terhadap warga Palestina.

PLO  mengecam tindakan Israel terkait pembersihan etnis sistematis Palestina di Silwan itu. PLO mengatakan bahwa aksi Israel di Silwan bertujuan tidak hanya untuk mengubah karakter bersejarah daerah dan untuk mengkonsolidasikan kendali Israel atas Kota Tua Al-Quds, tetapi juga merupakan pembersihan etnis Palestina secara sistematis di sana.

Menurut Kelompok Hak Asasi Manusia (HAM) Israel, sebanyak 579 rumah warga Palestina dihancurkan Israel  di kota itu selama 12  tahun terakhir, yang menyebabkan sekitar 2.133 orang warga Palestina menjadi tuna wisma. (T/nrz/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://maannews.com/Content.aspx?id=769887