Israel Tolak Tuntutan Gencatan Senjata Hamas

Militer Israel pada Ahad, 5 November 2023, melakukan operasi darat di dalam Jalur Gaza (Foto: Pasukan Pertahanan Israel/IDF)

Beirut, MINA – Rezim sekali lagi menolak tuntutan yang dibuat oleh Hamas sehubungan dengan kebuntuan perundingan gencatan yang sedang berlangsung, seorang sumber di Hamas mengatakan kepada Al Mayadeen pada Ahad (24/3).

Hamas telah menyampaikan empat tuntutan utama: gencatan senjata, penarikan pasukan Israel dari , kembalinya warga sipil yang kehilangan tempat tinggal, dan pertukaran tahanan yang berarti. Namun informasi yang bocor mengenai respons rezim Israel menunjukkan adanya kesenjangan yang signifikan antara posisi kedua pihak.

Sikap pendudukan Israel digambarkan “tidak fleksibel” oleh sumber-sumber tersebut. Khususnya, Israel menolak pemulangan secara bertahap para pengungsi, terlepas dari demografi mereka, dan pendirian kamp-kamp baru untuk menampung ratusan ribu pengungsi.

Baca Juga:  Pengusahanya Terbunuh di Mesir, Israel Lakukan Penyelidikan

Selain itu, mengenai pertukaran tahanan, tarif yang diusulkan pendudukan Israel dipandang tidak memadai, sehingga menyebabkan pengurangan signifikan dalam jumlah tahanan Palestina yang dijadwalkan untuk dibebaskan, tambah sumber-sumber Palestina.

Kebuntuan dalam perundingan dan respons Israel yang kaku berbenturan dengan Hamas dan visi bahwa setiap kesepakatan harus sejalan dengan tuntutan mereka yang adil dan fleksibel. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.