IZI Luncurkan Program Bantu Kebutuhan Ramadhan di Wilayah Terpencil

Jakarta, MINA – Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia () meluncurkan program Booking Berkah Ramadhan 1443 H pada Kamis (17/2) melalui eksklusif ruang virtual dan Live Youtube.

Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana, mengatakan, Booking Berkah Ramadhan ini merupakan program tahunan IZI yang memfasilitasi kebutuhan kaum dhuafa, fakir dan miskin agar menyambut bulan Ramadhan dengan berbahagia, termasuk penerima manfaat di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Indonesia.

“Filosofi dari program ini adalah sebagai bentuk pembuktian rasa kerinduan kaum muslimin atas kehadiran bulan Ramadhan, bulan penuh berkah. Hal ini sesuai dengan kebiasaan Nabi Muhammad Shallallahu Aalaihi Wasallam, dan para pendahulu Islam yang menyambut kedatangan Ramadhan dengan melakukan banyak sedekah,” kata Wildhan dalam temu media Peluncuran Booking Berkah Ramadhan 1443 H.

Dia menyatakan, merupakan salah satu daerah prioritas penyaluran program Booking Berkah Ramadhan dari IZI ini.

“Program ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dalam beribadah khususnya mereka yang tinggal di daerah 3 T dalam bentuk penyediaan kebutuhan bahan makanan pokok untuk keluarga dhuafa sepanjang bulan Ramadhan yang dikemas dalam satu paket per keluarga,” tambahnya.

Ketua Penyelenggara Program Booking Berkah Ramadhan 1443H Muhamamd Ardhian menjelaskan, program ini menyediakan berbagai kanal penyaluran berupa penyediaan paket sembako bagi kaum dhuafa selama sebulan penuh, rehabilitasi mushala di wilayah tertinggal di Indonesia, zakat fitrah serta paket berbuka bagi kaum fakir dan miskin dan paket anak sholeh untuk anak yatim.

“Target penerima manfaat dalam program tahun ini sebanyak 5.000 jiwa yang akan disebar di 28 titik di seluruh Indonesia, termasuk daerah 3T dan negara tetangga,” jelasnya.

Dia menambahkan, daerah penyebaran manfaat termasuk daerah 3 T yakni Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat; Desa Kebayaken, Kabupaten Karo, Sumatera Utara; Kampung Mualaf Baduy, Banten; Desa Mekkatta, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat; dan lainnya.

Selain itu juga program ini akan disalurkan ke wilayah negara tetangga dunia Islam, seperti Timor Leste dan Kamboja.

Direktur Pemberdayaan Zakat & Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI Drs. H.Tarmidzi Tohor, MA, K.H., memberikan apresiasi mengapresiasi atas kinerja yang ditempuh LAZNAS IZI.

“IZI sebagai lembaga zakat nasional yang inisiatif dalam menginisiasi berbagai program kerja besar terkait perzakatan di Indonesia. Dalam rangka tarhib Ramadhan ini tentunya diperlukan strategi optimalisasi program, baik peningkatan digitalisasi dan edukasi Zakat,” kata Tarmidzi.

Ketua MUI Pusat M. Cholil Nafis memberikan motivasi agar dalam rangka menyambut bulan Ramadhan yang mulia ini harus diikuti dengan amal kebaikan yang dianjurkan, juga mengikuti teladan kedermawanan Rasulullah yang meningkat pada bulan Ramadhan.

“Zakat itu kewajiban dari harta yang dimiliki, sedangkan infaq, sedekah, dan wakaf adalah kedermawanan. Makanya orang yang berzakat itu batas minimal yang wajib dikeluarkan untuk peduli kepada orang lain. Adapun sedekah adalah kedermawanan dari harta yang dimilikinya untuk membantu orang lain,” ujarnya.

Peluncuran Booking Berkah Ramadhan IZI 1443 H juga dihadiri Direktur Edukasi & Kemitraan Zakat IZI Deddy Fenalosa, dan Direktur Pendayagunaan IZI Nana Sudiana, serta mitra IZI.

Acara ditutup dengan pemberian 10 penghargaan MIZI Awards bagi 10 mitra individu dan perusahaan IZI. (L/R1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.