Jamaah Masjid At-Taqwa, Kampung Baru Jambi, Laksanakan Iedul Fitri 1444 H

Jamaah Masjid At-Taqwa Niyabah Kampung Baru Melaksanakan ibadah sunnah Shalat Iedul Fitri, Jumat (21/4). (Dok. MINA)

, , MINA – Puluhan Jamaah Masjid At-Taqwa, Desa Kampung Baru, Tanjung Jabung Barat, Jambi melaksanakan ibadah sunnah Shalat Iedul Fitri 1444 Hijriah, Jumat (21/4).

Shalat Ied dilaksanakan pada pelataran masjid yang diimami oleh Ansaf Muarif Gunawan, Wartawan Kantor Berita MINA.

Khutbah disampaikan oleh ustadz Saiful Amri, Amir Majelis Taklim dan Tadrib Niyabah Kampung Baru, Jambi Jama’ah Muslimin (Hizbullah). Tema “Merajut Persaudaraan, Menebar Maaf ”

Ustadz Saiful mengatakan, hampir sebagian besar umat Muslim melaksanakan ibadah sunnah Shalat Iedul Fitri 1444 Hijriah, marilah kita saling menebar maaf, merajut persaudaraan, karena memberi dan meminta maaf adalah sikap yang dianjurkan oleh Allah .

“Sebab dengan begitu, sikap dendam dan rasa marah dapat dinetralisir oleh masing-masing individu,” ucapnya.

Ustadz Saiful mengatakan, sikap mudah memberi dan meminta maaf merupakan salah satu ciri orang yang bertaqwa. Karenanya orang yang suka memberi dan meminta maaf sebagai pertanda seseorang memiliki nilai kepribadian dan ketaqwaan sangat luhur.

“Secara terperinci Allah menjelaskan tingkatan sikap orang bertaqwa, pertama, mereka pemurah dengan menafkahkan hartanya di waktu senang maupun dalam waktu susah. Artinya kaya maupun miskin berjiwa dermawan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kedua, yaitu pendai menahan marah, yaitu kemampuan mengendalikan diri ketika marah.

Ketiga yaitu memberi maaf dan menahan marah. Yaitu memberi maaf yang diiringi dengan berbuat baik. Maka Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik tersebut.

“Itulah sebabnya, sikap seperti itu melekat pada diri para Nabi dan Rasul Allah, para sahabat utama Nabi Muhammad , dan para salaful salih dan orang-orang yang saleh lainnya,” jelasnya Saiful.

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menetapkan Idul Fitri 1 Syawwal 1444 Hijriah jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023.

Penetapan tersebut berdasarkan Hasil sidang Isbat yang digelar di Maktab Am (Kantor Pusat) Jama’ah Muslimin (Hizbullah) di Kompleks Pondok Pesantren Al-Fatah Pasirangin, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis malam (20/4/2023).

Hasil sidang Itsbat tersebut didasarkan laporan hasil Ru’yatul Hilal Tim Pusat Observasi Falak (POF) Jama’ah Muslimin (Hizbullah) yang menyebutkan telah terlihat hilal awal bulan Syawwal 1444 di berbagai tempat terutama Arab Saudi, pada Kamis sore, 29 Ramadhan 1444H (L/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.