Jerman Siap Investasikan Dana 80 Juta Euro ke Sudan

Khartoum. MINA- Sudan dan Jerman  bersepakat untuk terus  meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.  Hal ini dibuktikan melalui kemitraan strategis yang baru dengan rencana investasu dana sebesar 80 Juta Euro ke Sudan.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Dewan Majelis Transisi Sudan, Letnan Jenderal Abdel Fattah Al-Burhan dalam  konferensi pers bersama  , Frank-Walter Steinmeier setelah melakukan pertemuan resmi, Kamis (27/2) di Kota Khartoum..

Abdel Fattah Al-Burhan mengatakan,  diskusi berfokus pada kerja sama  jangka panjang. Jerman menyatakan siap membantu memperjuangkan pencabutan embargo ekonomi  serta memulihkan stabilitas keamanan, terutama yang ada di Darfur,

Selain itu, Presiden Jerman menyatakan kesiapannya untuk mengimplementasikan perjanjian antara kedua negara untuk mengalokasikan 80 juta euro (sekitar Rp.1,2 triliun) untuk mendukung pelatihan kejuruan dan memberikan kesempatan kerja bagi pemuda Sudan.

Presiden Frank-Walter Steinmeier menegaskan, Uni Eropa  dan mengajak kepada dunia Internasional untuk sama-sama membuka akses lembaga-lembaga keuangan dunia  untuk saling membantu dari permasalahan yang dihadapi Sudan, terutama dalam bidang ekonomi,

Jerman telah banyak memberikan bantuan kepada Sudan, terutama untuk  pembukaan Sekolah Kejuruan sejak 1957 serta mendukung  operasional TV Nasional Sudan (Sudan TV)  pada 1962. (L/B02/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Sidik Mustaqim

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.