Jokowi Akan Hadiri KTT ASEAN di Singapura

Direktur Kerja Sama Politik Keamanan , Mochammad Chandra Widya Yudha (kiri). Juru Bicara Arrmanatha Nasir (kanan). Foto:Rifa/MINA

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo akan ke Singapura menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi pada 26-27 April dan Koferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 27-28 April mendatang.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Arrmanatha Nasir dalam press briefing di Kemlu RI, Jakarta, Jumat (20/4).

Sementara itu, Direktur Kerja Sama Politik Keamanan ASEAN Mochammad Chandra Widya Yudha menjelaskan, Presiden akan menghadiri sesi pleno pada 27 April dan sesi retreat pada 28 April.

“Selanjutnya sesi retreat ASEAN akan dilaksanakan KTT Indonesian Malaysian Thailand Growth Triangle (IMTGT) yang tahun ini diketuai oleh Thailand.

Rangkaian pertemuan ini juga akan digunakan Presiden untuk menyampaikan undangan kepada para pemimipin ASEAN agar dapat menghadiri ASEAN Leaders Gathering di sela- sela pertemuan tahunan IMF dan World Bank di Bali pada Oktober mendatang,” ujarnya.

Chandra mengatakan, beberapa hal yang akan didorong oleh Indonesia adalah terkait kerjasama cyber security, mendorong kerangka ASEAN untuk memajukan ASEAN Smart Cities Network.

“Hal ini sesuai dengan program Indonesia yang kita sebut dengan gerakan menuju 100 smart city, yang intinya mendorong penggunaan teknologi untuk memajukan kota,” kata Chandra.

Ia menambahkan, dalam pertemuan itu juga akan dihasilkan dua dokumen pokok yaitu ASEAN Leaders Vision for Resileint and Innovatif ASEAN dan ASEAN Leaders Statement on Cyber Security Coop yang akan kita kembangkan lebih lanjut.(L/R04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.