Jokowi Dinobatkan Jadi Tokoh Paling Berpengaruh di Asia pada 2019

Singapura, MINA – The Straits Times menobatkan Presiden Joko Widodo atau menjadi tokoh Asia paling berpengaruh di Asia pada 2019. Wajah Jokowi terpampang menjadi headline pada media asal Singapura pada Kamis (5/12) dengan judul ‘Respected Leader, at Home and Abroad’.

Presiden Jokowi dalam keterangannya menyatakan bahwa penobatannya dirinya sebagai ‘Asian of the Year 2019’ merupakan kehormatan bagi Indonesia.

“Terima kasih. Ini Kehormatan bukan untuk saya semata-mata, tapi untuk Indonesia,” tulis Presiden Jokowi melalui akun media sosialnya yaitu akun twitter @jokowi, instagram, dan fanpage facebook, dikutip dari laman setkab.go.id.

Berdasarkan analisis yang ditayangkan oleh The Strait Times, Jokowi dianggap mampu mengelola ketidakpastian global dan era disrupsi ekonomi menjadi sebuah peluang.

“Ketika era ketegangan menjadi sorotan pada tahun ini-Straits Times Global Outlook Forum fokus pada bagaimana mengelola dunia di tengah konflik, Jokowi menjadi tokoh paling terlihat sebagai seseorang yang menyatukan daripada memisahkan satu dengan lainnya,” tulis Jeremy Au Yong, editor The Straits Times.

Menurut ulasan The Straits Times, Jokowi adalah lelaki sederhana yang menjadi Wali Kota Solo, kemudian menjadi Gubernur di DKI Jakarta, sebelum menjadi pemimpin negara dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara serta ekonomi, dengan hampir 270 juta penduduk Indonesia.

Pada periode pertama masa jabatannya sebagai Presiden RI (2014-2019), menurut Straits Times, Presiden Jokowi yang mencanangkan misi mengejar kemajuan dan pertumbuhan, memberikan penekanan pada pembangunan infrastruktur.

“Ia tidak kehilangan pandangan akan nilai-nilai persatuan dan harmoni, yang begitu krusial di negara mayoritas muslim dengan beragam budaya dan agama, di mana agama telah menjadi sangat politis,” tulis media itu.

Ketika Presiden menghadapi tantangan dalam lima tahun ke depan masa jabatannya, para editor Straits Times menyatakan harapan bahwa ia tidak berkompromi dalam membangun Indonesia yang demokratis, bebas korupsi, terbuka, toleran, dan inklusif. (T/R06/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.