Jumlah Gelandangan di AS Setara dengan Penduduk Kota Pontianak

Foto: Green Future

Washington, MINA – Jumlah atau gelandangan di Amerika Serikat (AS) lebih banyak dari populasi 47 kota di Turki atau kurang lebih setara dengan penduduk Kota Pontianak, Indonesia.

Di AS, ada sekitar 550.000 orang gelandangan tahun lalu, menurut Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan di negara tersebut, World Bulletin melaporkan, Ahad (26/11).

Jumlah itu lebih tinggi dari populasi Kota Agri, Turki dan hampir tujuh kali lipat populasi Kota Tunceli, menurut data data Institut Statistik Turki.

Jika diperbandingkan dengan populasi sebuah kota di Indonesia, jumlah gelandangan di ‘Negeri Paman Sam’ setara dengan penduduk Kota Pontianak yang berjumlah 554.764 jiwa (menurut data sensus tahun 2010 seperti dimuat di Wikipedia).

Dari 550.000 tunawisma di AS itu, 355.000 adalah gelandangan individu – lebih banyak daripada penduduk Kirklareli – dan 195.000 adalah tunawisma keluarga dengan anak-anak, yang lebih banyak daripada populasi Kota Igdir atau Bartin di Turki.

Kemiskinan dan pengangguran merupakan alasan utama di balik masalah tunawisma di negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut, menurut Salvation Army.

Kurangnya perumahan yang terjangkau, kesehatan fisik atau mental yang buruk, penyalahgunaan narkoba dan alkohol, perjudian, keretakan hubungan dan keluarga, serta kekerasan dalam rumah tangga menjadi alasan pemicu lainnya.

Di jalanan New York, pusat keuangan dan kota terbesar di AS, seseorang dapat melihat warga menenteng potongan kardus atau papan bertuliskan masalah yang mereka sedang hadapi, semisal “Kehilangan pekerjaan dan rumah saya”, “Tunawisma dengan anak-anak dan ibu hamil” dan “Veteran AS. Berjuang demi negara. Dimana pemerintah?”

Sekitar 11%, atau lebih dari 60.000, tunawisma adalah veteran, sementara 8,8% berusia antara 18-30 tahun, menurut National Coalition of Homeless Veterans (NCHV).

Sementara 1,4 juta veteran lainnya menghadapi risiko tunawisma, sekitar 12.700 veteran yang bertempur di Irak sejak 2003 dan kemudian menjadi tunawisma pada 2010, NCHV mengatakan.

Wilayah metropolitan New York dan New Jersey memiliki jumlah tunawisma tertinggi di AS tahun lalu dengan 86.000 jiwa.

Sementara Los Angeles menempati posisi kedua dengan 51.000, Seattle memiliki 13.400 orang gelandangan pada tahun 2016. Houston, Dallas, dan San Antonio di Negara Bagian Texas memiliki total 14.000 orang gelandangan tahun lalu, dan Miami memiliki 8.000 tunawisma. (T/R11/RS3)

 

Miraj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.