Kanada Hentikan Bantuan Militer untuk Pasukan Irak

    Tentara Kanada. (Foto: The Canadian Press/Lars hagberg)

Ottawa, MINA – Pasukan khusus Kanada untuk sementara menangguhkan bantuan militernya kepada pasukan Irak karena terjadinya ketegangan dengan Kurdi.

Dan Le Bouthillier, Juru Bicara Menteri Pertahanan Kanada Harjit Sajjan mengatakan pada Jumat (27/10) di Ottawa, kerja sama akan dilanjutkan jika sudah ada kejelasan mengenai hubungan antarpasukan keamanan Irak. Demikian Nahar Net memberitakannya yang dikutip MINA.

Sebelumnya pada hari yang sama, pasukan Irak menghentikan sementara operasinya terhadap orang Kurdi untuk mengizinkan perundingan antara pemerintah pusat di Baghdad dengan pemerintah daerah otonomi Kurdistan.

Kanada merupakan bagian dari koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat yang memerangi kelompok Islamic State (ISIS).

Kanada bertugas mendukung koalisi dalam penerbangan taktis, intelijen, penargetan, komando dan kontrol, dan dalam fasilitas medis.

Kanada telah meningkatkan jumlah kontingen pasukan khususnya di Irak menjadi tiga kali lipat pada Februari 2016 menjadi 210 tentara. (T/RI-1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.