KBRI di Sudan Ikuti Karnaval Budaya dan Pariwisata Internasional

Khartoum, 3 Rajab 1437/10 April 2016 (MINA) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk dan Eritrea berpartipasi dalam kegiatan budaya dan pariwisata internasional di Khartoum, Sabtu (9/4) malam.

Keikutsertaan dalam kegiatan Parade of Friendship and Brotherhood Among People –Khartoum 2016 itu dalam rangka meningkatkan daya saing Indonesia dikancah global untuk mempromosikan budaya dan pariwisata di Nusantara.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya pernah diadakan pada April 2015.

diadakan atas gagasan dari korp diplomatik yang ada di Khartoum dan Dewan Persahabatan Internasional.

Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Khartoum melaporkan, ajang internasional tersebut mendapat dukungan langsung dari Wakil Presiden Sudan Hasabu Muhammad Abdurrahman, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kebudayaan Sudan serta pemerintah ibukota.

Parade melintasi sepanjang pingiran Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia dengan berjalan santai sekitar 1km sejak Sabtu sore.

Parade yang mengusung tema “Dua Sungai Nil akan mengikat seluruh masyarakat internasional bertemu di Sudan” tersebut dibuka secara langsung oleh Menteri Kebudayaan Sudan Attayyib Hasan Badawi.

KBRI Khartoum menampilkan tari Ya Saman dari provinsi Sumatera Selatan dan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia yang melibatkan mahasiswa dan anak-anak kecil Indonesia di Khartoum.

Koresponden MINA mengatakan, hampir seluruh negara sahabat mengikuti acara tersebut. Sekitar 4.000 pengunjung yang terdiri dari kalangan diplomatik, mahasiswa asing dan lokal, serta warga Sudan menghadiri acara itu. (L/K06/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)