Kekejaman Militer Myanmar di Daerah Sagaing Mirip Genosida Rohingya

Naypyidaw, MINA – Dr Win Myat Aye, Menteri Persatuan Urusan Kemanusiaan dan Manajemen Bencana Pemerintah Persatuan Nasional mengatakan, operasi kekejaman yang sedang berlangsung di Wilayah Sagaing mirip dengan genosida tahun 2017.

Myat Aye mengatakan hal itu dalam pertemuannya dengan komunitas Myanmar di Maryland di Amerika Serikat pada 30 Juli lalu.

Dia berbagi pengalamannya tentang upaya untuk menangani masalah Rohingya di Negara Bagian Rakhine utara ketika dia menjadi Menteri Persatuan untuk Kesejahteraan Sosial, Bantuan dan Pemukiman Kembali di bawahLiga Nasional untuk Demokrasi yang dipimpin pemerintah.

Dia mengatakan, operasi militer yang sedang berlangsung di Wilayah Sagaing mirip dengan pemaksaan 700.000 hingga 800.000 orang Rohingya melarikan diri ke Bangladesh. Mizzima News Myanmar melaporkan, Sabtu (5/8).

Dia menambakan, pejabat dari kementerian pertahanan, urusan dalam negeri dan urusan perbatasan, serta departemen administrasi umum dan imigrasi yang berada di bawah kendali militer tidak mengizinkan mereka melakukan kontak langsung dengan Rohingya karena “masalah keamanan”.

Pernyataan Kementerian Hak Asasi Manusia di bawah NUG pada 31 Juli mengatakan bahwa militer Myanmar telah melakukan setidaknya 144 pembunuhan massal antara Februari 2021 dan Juli 2023, di mana 1.595 warga sipil tewas. Sebagian besar pembantaian terjadi di Wilayah Sagaing selama periode ini, dengan 90 kasus, diikuti oleh Magway dengan 15 kasus. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.