KELOMPOK KURDI BENTUK KOALISI PASUKAN DEMOKRASI SURIAH

Sayap militer Kurdi PYD, Unit Perlindungan Rakyat (YPG). (Foto: dok. Kurdishinfo.com)
Sayap militer PYD, Unit Perlindungan Rakyat (YPG). (Foto: dok. Kurdishinfo.com)

Ankara, 28 Dzulhijjah 1436/13 Oktober 2015 (MINA) – Kelompok Kurdi , Partai Persatuan Demokrat (PYD), telah bergabung di bawah koalisi “Pasukan Demokrasi Suriah”.

Juru bicara sayap militer PYD, Unit Perlindungan Rakyat (YPG), pada Senin (12/10) mengatakan melalui akun Twitter-nya, Koalisi Suriah yang meliputi Jaysh al-Thuwwar, Pusat Operasi Burkan al-Firat, Angkatan Al-Sanadid dan Kelompok Brigade Al-Jazeera, bersama dengan Militer Dewan Asyur, YPG dan YPJ (sayap militer perempuan YPG), semua akan bergabung di bawah nama “Pasukan Demokrasi Suriah”.

“Karena kondisi berubah semakin cepat, baik di politik dan militer serta fase sensitif negara telah kita lalui, harus ada pembentukan kekuatan militer nasional yang terpadu untuk semua warga Suriah, yang terdiri dari Kurdi, Arab, Asyur dan semua yang tinggal di lokasi geografis Suriah,” kata juru bicara YPG, Polat Can.

“Pasukan Demokrasi Suriah untuk meluncurkan pemerintahan Suriah sendiri,” tambahnya. “Yang menikmati di bawah bayang-bayang kekuatan ini adalah orang-orang Suriah yang akan bersedia hidup dalam kebebasan, kenetralan dan martabat dengan ikut serta mendapatkan hak sah mereka.”

Atas dasar itulah, Can menambahkan, kelompok militer telah menyatakan niatnya membentuk Pasukan Demokrasi Suriah, Anadolu Agency melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pengumuman ini muncul setelah laporan baru-baru ini oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengakui kegagalan program Washington “melatih dan mempersenjatai” kelompok oposisi Suriah moderat, dengan tujuan menumbangkan kekuasaan Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

“Kami akan mencari cara lain untuk mengembangkan program ini setelah berkoordinasi dengan kelompok Kurdi tertentu,” kata Obama di Gedung Putih pada 3 Oktober lalu.

Pada Juni lalu, dengan dukungan kekuatan udara koalisi pimpinan AS, PYD kembali menguasai penuh Tal Abyad dari kontrol ISIS. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0