Kemenag – Pengelola Zakat Bahas Program Pengentasan Kemiskinan

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Waryono Abdul Ghafur. (Foto: Kemenag)

Jakarta, MINA – Kementerian Agama () RI mengelar rapat koordinasi dengan para bahas program bersama .

Rapat digelar secara hybrid di kantor pusat Kemenag, Jakarta pada Kamis (14/9) diikuti 251 peserta. Mereka adalah wakil dari Baznas RI, Baznas Provinsi dan Kabupaten Kota, Nasional , Lembaga Amil Zakat Provinsi dan Lembaga Amil Zakat Kabupaten/Kota.

“Setelah saya mempelajari profil lembaga pengelola zakat, ternyata memiliki program yang sama yaitu pengembangan kualitas kemanusiaan. Karena itu, saya ingin seluruh lembaga pengelola zakat bekerja bersama pemerintah agar dampak dari hasil pengumpulan zakat dapat dirasakan lebih besar oleh masyarakat,” terang Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Waryono Abdul Ghafur, seperti dikutip MINA.

Waryono yakin kolaborasi dan sinergi pengelola zakat dapat memberikan solusi yang lebih holistik dan berkelanjutan. Apalagi, meski dengan nama yang beragam, umumnya sama-sama fokus pada pengembangan kualitas manusia.

“Saya percaya setiap bisa melakukan, tapi bayangkan jika dilakukan bersama-sama dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat lebih besar dan membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan,” sebutnya.

Waryono berharap kerja bersama ini dapat segera diluncurkan. Prosesnya diawali dengan penyusunan kerangka kerja yang rinci, termasuk menjelaskan skema kolaborasi antara pemerintah dan lembaga pengelola zakat.

“Ini untuk kesejahteraan sosial dan mengurangi kemiskinan di seluruh negeri. Kolaborasi ini merupakan langkah besar dalam mendukung visi negara untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan mengatasi ketidaksetaraan sosial,” ujarnya.

Waryono menambahkan, keterlibatan lembaga pengelola zakat dalam kebencanaan luar negeri juga perlu dilakukan bersama-sama. Para pengelola zakat harus memiliki pola bersama di bawah naungan bendera merah putih.

“Jangan dilakukan sendiri-sendiri sehingga tidak terlihat keterlibatannya,” tutupnya

Perwakilan LAZ Inisiatif Zakat Indonesia Aan menyambut ide Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf.

“Ini merupakan momen yang baik untuk berkolaborasi dan membuat satu program yang fundamental,” ujarnya

Hal senada disampaikan perwakilan Laznas Rumah Salman, Romy. Dia mengaku siap untuk membuat program besar bersama.

“Masing-masing LAZ memiliki program yang sama dengan keunikan masing-masing tapi perbedaan dapat disatukan,” imbuhnya.(R/R5/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.