Kemeriahan Peringatan HUT RI Ke-75 di Luar Negeri

Peringatan HUT RI Ke-75 di Luar Negeri

Meski berada di jarak nan jauh di sana, terlebih berada dalam situasi pandemi, tidak menyurutkan Warga Negara Indonesia (WNI) atau pun Perwakilan RI di luar negeri untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75.

Pada Senin, 17 Agustus 2020, serentak perwakilan-perwakilan RI di luar negeri melakukan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang sebagian besar dihadiri secara terbatas dan disiarkan secara langsung melalui media online.

Dari Kawasan Amerika Latin, masyarakat Indonesia di Peru dan Bolivia rayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75 secara virtual.

Upacara Pengibaran Bendera Hari Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung secara sederhana di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Lima pada tanggal 17 Agustus 2020 dan disiarkan secara langsung melalui siaran langsung media sosial.

Dipimpin oleh Dubes RI Lima, Marina Estella Anwar Bey selaku Pembina Upacara, dan seluruh staf KBRI Lima selaku petugas upacara, kegiatan diikuti secara virtual oleh sekitar 120 orang yang terdiri dari masyarakat Indonesia yang berada di Peru dan Bolivia serta WN Peru.

Walaupun sederhana, upacara berlangsung khidmat dengan petugas pengibar bendera yang telah disiapkan selama satu bulan sebelumnya.

Untuk mensyukuri bahwa Indonesia telah berusia 75 tahun, dilakukan pengerukan tumpeng dan pemotongan kue ulang tahun Republik Indonesia ke-75 oleh Dubes RI Lima.

Usai upacara Pengibaran Bendera, Duta Besar Marina Estella Anwar Bey juga menyapa seluruh masyarakat Indonesia di Peru dan Bolivia melalui kegiatan Dubes Menyapa. Kegiatan dilakukan secara virtual dan dihadiri oleh sekitar 14 keluarga WNI yang berada di Peru dan di Bolivia.

Dari Kawasan Timur Tengah, seluruh staf dan Duta Besar Republik Indonesia di Kabul, Afghanistan, H.E. Dr. Arief Rachman melakukan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman belakang Kedutaan dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19.

Meskipun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada undangan orang Afghanistan dan Friends of Indonesia. Namun semangat seluruh staf dan WNI untuk memperingati hari bersejarah ini tetap sama.

Dari Libya, KBRI Tripoli pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.00 waktu setempat, melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 75 di kantor Kedutaan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Upacara dipimpin oleh KUAI RI Tripoli, Moehammad Amar Maruf dan dihadiri oleh seluruh staf KBRI Tripoli serta WNI yang ada di shelter KBRI.

Pada kesempatan tersebut, dalam sambutan singkatnya, KUAI RI menyampaikan penghargaan yang tinggi atas terlaksananya upacara HUT RI ini di tengah-tengah situasi pandemi Covid-19 yang tengah melanda di seluruh dunia.

KUAI juga mengharapkan dengan semangat gotong royong, maka bangsa Indonesia dapat melalui pandemi Covid-19 ini dan menuju Indonesia yang lebih maju.

Untuk memeriahkan HUT RI ke 75, KBRI Tripoli juga menyelenggarakan acara kegiatan pemberdayaan masyarakat yang diikuti oleh enam PMI dan tiga ABK yang berada di shelter KBRI dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Acara kegiatan daur ulang ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para PMI sekembalinya ke Indonesia, dan dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Dari Suriah, KBRI Damaskus melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di halaman KBRI.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara kali ini berlangsung secara terbatas dan hanya dihadiri oleh staf KBRI dan perwakilan pelajar Indonesia di Suriah demi perlindungan dan keselamatan dan kesehatan para WNI di tengah lonjakan drastis kasus COVID-19 di Suriah yang masih terus meningkat.

Duta Besar RI untuk Republik Arab Suriah, Duta Besar Wajid Fauzi, selaku Pembina Upacara menyampaikan pesan bahwa selaras dengan tema peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, yaitu Indonesia Maju, bukti rasa bersyukur atas kemerdekaan adalah meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa, dengan terus bekerja keras untuk mewujudkan Indonesia yang maju meskipun sedang menghadapi tantangan berat akibat pandemi.

Berjuang di tengah pandemi, diperlukan adaptasi dan mempertahankan semangat yang kuat untuk terus bekerja. KBRI akan terus bekerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah tantangan yang dihadapi baik krisis politik dan keamanan maupun pandemi COVID-19.

Setelah upacara, panitia menyediakan “rantang kemerdekaan” berisi makanan yg dibawa pulang ke rumah masing masing, sehingga diharapkan dapat dinikmati bersama keluarga dan kerabat di rumah. (A/RE1/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)