Liga Arab Desak DK PBB Bertanggungjawab Jaga Keamanan Al-Quds

KTT

Kairo, MINA – Liga  Arab mendesak Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk bertanggung jawab dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional dengan segera melakukan resolusi yang relevan di Al-Quds (Yerusalem Timur).

Dalam pertemuan di Liga Arab, Kairo pada Kamis (18/7) membahas situasi di Al-Quds, para menteri meminta Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan kebijakan Israel yang terus menyerang Al-Quds terutama Masjid Al-Aqsha yang merupakan pelanggaran berat internasional, demikian Wafa yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Para menteri juga mendesak semua negara untuk menerapkan resolusi yang dikeluarkan oleh PBB dan Dewan Eksekutif mengenai masalah Palestina dan menegaskan bahwa Masjid Al-Aqsha adalah milik umat Islam dan merupakan bagian dari situs warisan dunia.

Para Kemlu Arab juga menegaskan dukungan untuk langkah-langkah yang diadopsi oleh pimpinan Palestina untuk melindungi Masjid Al-Aqsha untuk menentang tindakan ilegal yang dilakukan otoritas pendudukan Israel di kota Yerusalem yang diduduki.

Mereka juga mengecam serangan dan tindakan ilegal Israel di Palestina terutama Masjid Al-Aqsha. Para menteri menugaskan Kelompok Arab di New York, dewan duta besar Arab dan misi Liga Arab untuk segera mengungkap rencana Israel yang akan mengubah status sejarah yang legal Masjid Al-Aqsha.

Mereka juga meminta Administrasi AS untuk melanjutkan upayanya mengembalikan keamanan dan mengakhiri ketegangan berdasarkan jaminan keamanan situs suci dan melindunginya dengan menghormati status sejarah dan hukum yang ada.(T/ R10/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.