Kemlu RI Masih Tunggu Pemerintah China untuk Evakuasi WNI di Wuhan

Plt Jubir Kemlu RI, Teuku Faizasyah (foto:Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan, masih menunggu pertimbangan pemerintah China untuk membuka jalur evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini masih berada di Wuhan, Provinsi Wubei.

“Semua dari kita dan negara-negara lain juga bergantung dari sejauh mana pemerintah RRT (Republik Rakyat Tiongkok) bisa berikan pertimbangan dan saran tindakan evakuasi,” kata Pelaksana tugas Juru Bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah di Jakarta pada Senin (27/1).

Pertimbangan itu, termasuk kemungkinan para WNI bisa langsung dibawa ke Indonesia atau dievakuasi keluar dari wilayah karantina dan tetap berada di wilayah China.

Setidaknya, WNI yang tercatat berada di wilayah karantina berjumlah 243 orang yang tersebar di 15 kota yang ada di Provinsi Wubei.

Menlu RI, Retno Marsudi sebelumnya telah memerintahkan agar segera melakukan rapat khusus untuk menangani penyebaran virus corona dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk Kementrian Kesehatan RI.

“Membahas berbagai penanganan. Berbagai opsi muncul dari A sampai Z untuk menangani WNI kita yang sampai saat ini berada di Wuhan dan beberapa wilayah lain,” kata Faizasyah. (T/RE1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)