Ketua DMI: Masjid Nyisihkan Satu Persen Sumbangkan Palestina

Padang, MINA – Masjid di seluruh Indonesia dapat menyisihkan minimal satu persen uang untuk disumbangan di dalam rangka membantu , demikian Ketua Dewan (DMI), Jusuf Kalla (JK).

“Kita serukan satu persen dari hasil kotak amal masjid, selama sebulan dikumpulkan, dan disumbangkan untuk masyarakat Palestina, kalau lebih boleh, minimal satu persen,” kata JK dalam sambutan saat peresmian Masjid Jannatul Khair di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatra Barat (Sumbar), Kota Padang, Sumbar, Senin (13/11).

JK juga menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) PMI itu menegaskan, bukan hanya Palang Merah Palestina dan Mesir yang perlu memikul tugas kemanusiaan di Gaza.

“Indonesia juga memiliki tanggung jawab yang sama secara kemanusiaan dan kebangsaan. “Kita menyadari bahwa salah satu partisipasi kita (PMI) yang diharapkan ialah membantu bangsa Palestina di Gaza. Kita harus bersama-sama membantu,” ujar JK.

“Bantuan pemerintah dan PMI juga akan disampaikan ke Gaza dengan pesawat yang berangkat besok,” sambungnya.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan, ASN Sumbar juga telah berhasil mengumpulkan bantuan sebesar Rp 2 miliar yang akan segera disalurkan untuk Palestina.

“Alhamdulillah kita masyarakat di Sumbar luar biasa kepeduliannya, itu baru satu pekan, saya dapat informasi sudah Rp 2 miliar,” ucap Mahyeldi.

Selain itu, dia menambahkan, pihaknya juga akan menggelar doa qunut nazillah bersama warga usai salat subuh berjamaah.

“Ini adalah upaya kita bersama meringankan beban saudara-saudara kita di Palestina. Mudah-mudahan doa dan bantuan kita lebih banyak lagi membantu meringankan permasalahan saudara-saudara kita di Palestina,” ungkapnya.

Dia juga menekankan, kepedulian terhadap Palestina bukan hanya atas dasar keagamaan tetapi juga kemanusiaan. (T/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.