Ketua Ummi Maktum Voice: Syukuri Karunia Penglihatan

(Foto: Aqmar/MINA)
(Foto: Aqmar/MINA)

Jakarta, 20 Jumadil Awwal 1437/28 Februari 2016 (MINA) – Ketua Umum LSM Ummi Maktum Voice, Entang Kurniawan mengatakan, bahwa umat Islam hendaknya mensyukuri karunia penglihatan atau mata dari Allah untuk kebaikan.

Ia menyampaikan hal itu pada Training Akbar Menghafal Al-Qur’an Metode Tikrar “Hafal Tanpa Menghafal” pada Islamic Book Fair (IBF), di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (28/2).

“Bersyukurlah jika kita masih bisa melihat, karena diamanahi penglihatan yang baik. Apapun kondisinya, kita harus bersyukur karena semua ciptaan Allah itu sempurna,” ujar Entang.

Ia menambahkan, seharusnya kita harus bersyukur jika memiliki mata yang normal, untuk digunakan dengan baik antara lain dengan membaca dan menghafal Al-Qur’an.

Zaman sekarang jika orang ketinggalan Handphone (Hp) panik bukan main, tapi kalau ketinggalan Al-Qur’an biasa saja.

“Hp berharga jutaan mampu dibeli, sedangkan Al-Qu’ran yang harganya lebih murah dari Hp tidak mau dibeli,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, bagaimana orang cacat tunanetra saja berlomba membaca Al-Quran, yaitu Al-Qur’an braille. Terbukti ada sekitar 15 ribu Al-Quran braille dibaca mereka.

Jumlah tersebut terbilang sedikit dibandingkan dengan jumlah orang buta di Indonesia yang mencapai sekitar 2-3 juta jiwa, atau satu setengah persen dari penduduk Indonesia.

Karena itu kebutaan tetap saja merupakan bukti dari keagungan Allah, jika dalam keadaan seperti itu saja masih dapat digunakan untuk membaca Al-Quran braille.

Ummi Maktum Voice (UMV) merupakan lembaga sosial yang mengkampanyekan Program Al-Quran Braille melalui media, baik online atau pun offline. Sejak gerakan ini dilakukan tahun 2005 hingga kini, UMV telah menyalurkan pembagian lebih dari 7.000 AlQuran Braille melalui Insan Tunanetra Muslim di Indonesia. Bahkan Al-Quran braille itu pun diterima oleh Tunanetra Muslim yang berada di Singapura dan Malaysia.

Ummi Maktum Voice beralamat di Jl Pasir Salam no. 31A Bandung, Jawa Barat, Telp.: 022-5228552, SMS Center: 081313199852. Lembaga ini menyalurkan waqaf Al-Quran braille, Rp55.000,- untuk satu juz Al-Quran braille atau Rp1.650.000,- untuk 30 Juz Al-Quran braille. Dapat disalurkan melalui: Bank Mandiri 13000 14000 999 A.n Ummi Maktum Voice, Syariah Mandiri 718 800 3456 Atas nama Ummi Maktum Voice atau layanan jemput waqaf untuk daerah Bandung dan sekitarnya. (L/mar/P006/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ali Farkhan Tsani