Kompetisi Film Religi, “Aldy” Film dari Aceh Sarat Nasihat Kehidupan

Jakarta, MINA – Film pendek berjudul ‘Aldy’ yang disutradarai Hadi Ramnit mewakili Provinsi Aceh terpilih sebagai 6 film nominasi juara pada Kompetisi Film Pendek Islami () Tahun 2022 yang diinisiasi Direktorat Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam .

Film berdurasi 9 menit ini menceritakan seorang pemuda disabilitas bernama Aldy yang taat beribadah dan selalu salat berjemaah di masjid kampung halamannya. Selain itu, dengan keterbatasan yang dimiliki, tidak mengurangi Aldy untuk membantu warga kampung yang sedang dalam kesulitan.

Hadi Ramnit dengan apik menyisipkan banyak nasihat kehidupan melalui Aldy yang diperankan oleh Zulfadly Aldiansyah.

Nasihat pertama, dengan keterbatasan Aldy, Hadi ‘memukul’ penonton yang jarang melaksanakan salat berjamaah di masjid. Aldy dengan keterbatasannya selalu berusaha mendirikan salat dan mengajak warga lainnya untuk memakmurkan masjid.

Selanjutnya, Hady kembali menyadarkan penonton untuk selalu ingat pesan orang tua, terutama ibu. Aldy saat ditabrak pesepeda, teringat pesan ibunya untuk selalu memaafkan orang yang menjahatinya.

Selain itu, Aldy dengan tulus bersedekah kepada pengemis yang sebelumnya dibentak Pak Medit. “Apa sedekah. Pergi. Ga ada duit. Kerja,” bentak pak Medit di menit 5, detik 26 dalam film berdurasi 9 menit 57 detik.

Aldy pun langsung menghampiri pengemis itu dan memberikan sedikit uang yang dimilikinya.

Sementara itu, Analis Kebijakan pada Seksi Siaran Keagamaan Islam, Nur Kumala Dewi mengatakan, film Aldy menggambarkan seorang disabilitas yang mensyiarkan Islam melalui caranya dengan semua keistimewaannya.

“Film ini adalah salah satu yang sesuai dengan Tema KFPI Tahun 2022 yaitu Ku Syiar Islam dengan Caraku,” tambahnya. (L/R2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.