Kompetisi Sains Madrasah Nasional dan Madrasah Young Research Camp di Manado

Banda Aceh, MINA – Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2019 dan Madrasah Young Researcher Super Camp (Myres), Selasa (17/9) di Manado.

Kompetisi ini diikuti 540 peserta dari 34 provinsi di Indonesia mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah/SD, Madrasah Tsanawiyah/SMP, hingga Madrasah Aliyah/SMA se Indonesia

Aceh mengirim 20 peserta untuk KSM dan dua peserta untuk Myres.

“Hari ini semua peserta KSM Aceh mulai tampil di KSM Nasional, ada yang mengikuti ujian berbasis Komputer bagi jenjang MI, MTs 5 pelajaran dan jenjang MA eksperimen/explorasi. sedangkan Myres hari ini mulai prestasi penelitian mereka,” ujar Muhammad Idris, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Aceh, Rabu (18/9).

“Anak anak kita memaparkan tentang hukum cambuk di Aceh pada MYRES,” lanjut Idris.

Ia mengatakan, siswa siswi Aceh telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik pada event ini, namun selain dukungan ia juga memohon doa masyarakat Aceh agar siswa Aceh dapat membawa pulang prestasi terbaik.

“Para peserta KSM bersaing ketat dengan peserta dari seluruh Indonesia, yang adalah para siswa terbaik setiap bidang studi di tiap-tiap provinsi. Dan juga terdapat siswa peraih ranking 16 besar nasional pada bidang yang dilombakan. Event ini, sejak mulai seleksi, telah sepenuhnya berbasis komputer, sehingga amat minim kesalahan dan kecurangan,” kata Idris mengutip keterangan Direktur KSKK, Umar.

Adapun cabang yang diperlombakan pada KSM Nasional 2019 adalah Matematika Teritegrasi, Sains IPA Terintegrasi, IPS Terintegrasi, serta Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi Terintegrasi.

Setelah mengikuti ujian pada hari pertama, para siswa kembali ke penginapan untuk belajar dan istirahat.

“Nanti juga ada bimbingan dari pelatih dan panitia untuk persiapan ujian hari kedua yang akan dilaksanakan besok,” ujar Qadriah, Ketua Kontingen Aceh pada KSM Nasional 2019.

Seperti diketahui, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2019 dan Madrasah Young Researcher Super Camp (Myres), dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Hall Grand Kawanua, Novotel, Manado, Selasa (17/09). (L/AP/P1 )

Mi’raj News Agency (MINA)