Konferensi Media Arab Kedua Digelar di Tunis

(Foto: SPA)

Tunis, MINA — Konferensi Media edisi ke-2, yang diselenggarakan oleh Persatuan Penyiaran Negara Arab (ASBU), dibuka di Tunis, Tunisia, pada Kamis-Jumat (12-13/1), bertema “Hegemoni Digital Global dan Cara Arab untuk Menghadapinya.”

Konferensi tersebut dihadiri Menteri Kebudayaan Tunisia Hayet Guettat, Menteri Komunikasi Aljazair, Mohamed Bouslimani, Menteri Media Palestina Mohammad Saleh bin Issa, Duta Besar Arab Saudi untuk Tunisia Abdulaziz bin Ali Al-Saqr serta sejumlah duta besar Arab dan asing di Tunisia.

SPA melaporkan, perwakilan dari badan anggota ASBU, termasuk Kerajaan Arab Saudi, dan sejumlah ahli dan spesialis di bidang media serta perwakilan dan asing berpartisipasi dalam forum dua hari tersebut, SPA melaporkannya.

Delegasi Saudi untuk konferensi tersebut dipimpin oleh Presiden Persatuan Penyiaran Negara Arab (ASBU) dan CEO Otoritas Penyiaran Saudi, Mohammad bin Fahd Al-Harithi.

Menyampaikan pidato kunci, Menteri Kebudayaan Tunisia menekankan, hegemoni digital adalah salah satu isu yang paling menonjol saat ini, mendasari perlunya mekanisme ringkas untuk menghadapinya melalui pemberdayaan jurnalis dan profesional media Arab.

Selain itu perlu juga meningkatkan keterampilan mereka dan memberi mereka pelatihan yang diperlukan dalam menggunakan platform media sosial dan memanfaatkan teknologi digital modern.

Guettat juga menekankan pentingnya memperbaiki undang-undang yang ada dan menyusun undang-undang baru untuk mengatasi hegemoni digital dan konsekuensinya.

Dia juga menggarisbawahi perlunya upaya kolaboratif untuk merumuskan strategi dan kebijakan bersama untuk menjawab tantangan dunia digital.

Terutama berkaitan dengan stereotip individu dan penggunaan teknologi digital untuk memaksakan kontrol budaya pada individu dan komunitas, menghilangkan identitas asli mereka dan menggantinya dengan digital yang bisa jauh dari kenyataan dan orisinalitas.

Menteri Tunisia juga menggarisbawahi hubungan antara media dan budaya dalam membentuk konten digital dan mengatasi keterasingan budaya dan krisis identitas yang disebabkan oleh ketidaktahuan tentang penggunaan pengetahuan digital yang tepat.

Dia mengungkapkan harapan agar hasil konferensi dapat diubah menjadi kenyataan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Turut menyampaikan pidato pembukaan, Al-Harithi menjelaskan bahwa konferensi edisi kedua ini sangat penting, mengutip tantangan saat ini yang dihadapi kawasan Arab dan seluruh dunia, terutama hegemoni digital yang semakin meningkat.

Al-Harithi juga mencatat, pengaruh hegemoni digital semakin meningkat, menyebabkan perpecahan ideologis dan menimbulkan ancaman serius terhadap identitas budaya dan sistem nilai masyarakat di seluruh dunia.

Dia juga menekankan perlunya upaya terpadu untuk menyusun undang-undang yang menguraikan hubungan dengan raksasa teknologi digital dan mengekang hegemoni digital serta konsekuensi sosial dan ekonominya.

Al-Harithi menggarisbawahi dunia telah berubah menjadi peta media daripada peta geografis atau sejarah, dengan industri media menjadi pemain utama dalam membentuk dan mempengaruhi urusan internasional serta juga pikiran dan perilaku manusia.

Mengakui peningkatan yang dibawa oleh transformasi digital, Al-Harithi menjelaskan teknologi digital juga memiliki dampak negatif yang mendalam pada banyak negara yang tidak berperan dalam perubahan ini tetapi tidak memperoleh keuntungan.

Dia juga menyerukan untuk merumuskan strategi ringkas untuk mengatasi hegemoni digital.

Al-Harithi menjelaskan tidak adanya undang-undang dan peraturan yang memberikan media profesional peran untuk memantau konten platform media sosial telah memperumit dilema dan memperdalam dampaknya.

Dirjen ASBU Eng. Abdelrahim Suleiman mengatakan serikat, melalui konferensi ini, berupaya untuk membahas solusi yang mendalam dan praktis untuk tantangan besar yang dihadapi lanskap media Arab.

Dia menunjukkan, media audio dan visual berada di garis depan dalam upaya menghadapi revolusi digital dan tantangannya.

Pada sesi keduanya, konferensi akan membahas topik terkait hegemoni digital dan cara menghadapinya di negara-negara Arab.

Selain rencana aksi yang disarankan dan strategi yang akan digunakan di dunia Arab melalui ide, proposal, persepsi, konten teknologi dan legislatif, dan gagasan untuk membangun platform Arab sebagai pilihan yang aman bagi kawasan ini untuk melestarikan nilai-nilai bersama. (T/R1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.