Koordinator Khusus PBB Terkejut Pasukan Israel Pukuli Jamaah Masjid Al-Aqsha

Pasukan pendudukan Israel menahan warga Palestina di Masjid Al-Aqsa. (Foto: WAFA/ Afif Amireh)

Al-Quds, MINA – Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Tor Wennesland mengatakan, dia terkejut saat melihat gambar pasukan pendudukan Israel memukuli jamaah Palestina di Masjid Al-Aqsha. Dikutip dari Wafa, Rabu (5/4).

“Saya terkejut dengan gambaran kekerasan di dalam , Saya merasa terganggu oleh pemukulan warga Palestina oleh pasukan keamanan Israel dan sejumlah besar penangkapan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Masa suci dan tempat ibadah ini seharusnya untuk refleksi keagamaan yang aman dan damai, dimana sesuai catatan hampir 600 ribu orang telah mengunjungi Tempat Suci di Yerusalem sejak awal Ramadan,” tambahnya.

Koordinator Khusus PBB meminta para pemimpin politik, agama dan masyarakat di semua pihak untuk menolak hasutan, retorika yang menghasut, dan tindakan provokatif.

Ia juga menekankan jika status quo bersejarah dari Situs Suci harus ditegakkan, sejalan dengan peran khusus dari Kerajaan Hashemite Yordania. Dimana hal ini juga beririringan dengan peran Wakaf yang sangat penting dan harus diberdayakan untuk memenuhi tugas penting.

Dia juga menambahkan, pemimpin di semua pihak harus bertindak secara bertanggung jawab dan menahan diri dari langkah-langkah yang dapat meningkatkan ketegangan, ia juga menegaskan bahwa PBB tetap berhubungan erat dengan semua pihak terkait untuk meredakan situasi. (T/ara/B03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.