Korea Utara Tembakkan Rudal Jarak Pendek ke Laut Timur

Ankara, MINA – Korea Utara menjelang peringatan kelahiran pendiri negara itu, Kim Il-sung, 15 April, menembakkan rentetan rudal jarak pendek pada Selasa (14/4) , menurut laporan militer Korea Selatan.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan, tetangga-nya di utara menembakkan proyektil yang diperkirakan sebagai rudal jelajah anti-kapal ke Laut Timur, lansir Kantor Berita Yonhap yang berbasis di Seoul, seperti dikutip dari AA.

Proyektil terbang lebih dari 93 mil sebelum tercebur ke dalam air.

Korea Utara memperingati Hari Matahari pada 15 April, hari libur tahunan yang penting di negara itu untuk memperingati kelahiran pendirinya Kim Il-sung.

“Proyektil, yang dianggap sebagai rudal jelajah darat-ke-kapal, ditembakkan ke arah timur laut dari daerah dekat kota pesisir timur Munchon sekitar pukul 7 pagi, yang berlangsung lebih dari 40 menit,” kata JCS.

“Militer memantau dengan cermat situasi untuk kemungkinan peluncuran tambahan, sambil mempertahankan postur kesiapan,” tambahnya.

Sebelumnya pada Ahad, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menginspeksi squadron pesawat pemburu di bagian barat negara itu.

Menurut Kantor Berita Pusat Korea Utara, Kim mengamati latihan kelompok dan diberi penjelasan tentang kesiapan untuk menghadapi  serangan mendadak dan kinerja tugas pertahanan wilayah udara.

Korea terpecah menjadi Korea Selatan dan Korea Utara pasca Perang Dunia II, masing-masing sebagai sekutu AS dan sekutu China yang komunis. Kedua negara pernah berperang pada awal dekade 1950-an, sampai kini masih dalam status berperang meskipun sudah banyak pendekatan untuk rekonsiliasi. (T/RS3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)