Kosovo dan Israel Jalin Hubungan Diplomatik

Yerusalem, MINA – dan secara resmi menjalin hubungan diplomatik pada Senin (1/2) melalui upacara virtual.

Hubungan diplomatik bilateral diresmikan dalam upacara virtual dan penandatanganan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Kosovo Meliza Haradinaj-Stublla dan mitranya dari Israel Gabriel Ashkenazi, Anadolu Agency melaporkan.

Sebelumnya, mantan Presiden AS Donald Trump telah mengumumkan bahwa para pemimpin Serbia dan Kosovo, yang bertemu di Gedung Putih pada September 2020, mencapai kesepakatan untuk menormalisasi hubungan ekonomi antara kedua kabupaten.

Kosovo juga setuju untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, sementara Serbia mengumumkan pemindahan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Washington telah mendorong negara-negara lain untuk melakukan hal yang sama tetapi telah banyak dikritik oleh orang-orang Palestina dan banyak orang di Eropa karena konflik Israel-Palestina masih belum terselesaikan.

Parlemen Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada 2008, sembilan tahun setelah NATO melakukan kampanye serangan udara 78 hari terhadap Serbia untuk menghentikan tindakan keras berdarah terhadap etnis Albania di Kosovo. (T/R7/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)