Kualifikasi Piala Asia U-20: Indonesia Kalahkan Hongkong 5-1

(Foto: Instagram PSSI)

Surabaya, MINA – Timnas U-20 Indonesia berhasil mengalahkan Hong Kong dengan skor 5-1 dalam laga matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/9) malam.

Dengan ini Indonesia dan Vietnam sama-sama memuncaki Group F, dengan nilai 6, sama-sama meraih tiga kemenangan dan dengan jmlah gol maupun kebobolan yang sama pula.

Timnas U-20 Indonesia tergabung di Grup F bersama Vietnam, Timor Leste dan Hongkong.

Skuad Garuda Nusantara pada laga pertama di Kualfikasi Piala Asia U-20 2023 4-0 atas Timor Leste pada Rabu (14/9) lalu.

Di laga kedua, Tim besutan Shin Tae-yong itu menghadapi Timnas U-20 Hongkong dan melakukan rotasi pemain hampir secara keseluruhan.

Hanya sang kiper Cahya Supriadi yang kembali dimainkan sebagai starter setelah sebelumnya juga tampil sejak menit awal melawan Timor Leste.

Rotasi besar-besaran yang dilakukan Timnas Indonesia untuk memberikan kesempatan kepada para pemain lain untuk tampil di lapangan.

Juga ini merupakan strategi Shin Tae-yong untuk memberikan istirahat lebih kepada pemain andalannya sebelum tampil di laga pamungkas menghadapi Vietnam.

Meski tidak menurunkan skuad andalannya, Timnas U-20 Indonesia mampu membuka skor saat laga baru berjalan sembilan menit.

Rabbani Tasnim Siddiq yang sebelumnya menyumbang satu gol ke gawang Timor Leste, kini kembali mencetak gol lewat sundulannya.

Di menit ke-21, Indonesia menggandakan keunggulan atas Hongkong lewat gol yang dicetak oleh Alfriyanto Nico Saputro.

Menjelang turun minum, tepatnya menit ke-42, gol Zanadin Fariz membuat Indonesia unggul 3-0 atas Hongkong di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia mendapat petaka di menit ke-62. Hongkong mendapat gol dari hadiah penalti dan Cahya Supriadi harus dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami benturan pada bagian kepalanya.

Lima menit menjelang akhir pertandingan, Marselino Ferdinan yang masuk dari bangku cadangan turut menyumbang gol untuk Timnas U-20 Indonesia.

Tiga menit berselang, Marselino Ferdinan kembali mencetak gol lewat eksekusi penalti. Pertandingan pun berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Timnas U-20 Indonesia.

Kemenangan atas Hongkong ini sekaligus membuat Indonesia terus menempel ketat posisi Vietnam yang sama-sama telah meraih 6 poin.

Menariknya, jumlah gol yang dicetak serta jumlah kebobolan Timnas U-20 Indonesia dan Vietnam juga sama, sehingga selisih gol kedua tim seimbang sementara ini.

Selanjutnya, Timnas U-20 Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di laga terakhir Grup F pada Ahad (18/9/2022).

Laga pamungkas tersebut akan menentukan tim mana yang akan lolos ke putaran final sebagai juara Grup F. Sementara tim yang finis sebagai runner-up masih harus bersaing dengan tim di grup lainnya untuk masuk dalam lima runner-up terbaik. (R/R11/

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.