LEBIH DARI 351 RIBU JIWA MENINGGAL AKIBAT MAKANAN

(Foto: wartakesehatan)
(Foto: wartakesehatan)

Jenewa, 18 Jumadil Akhir 1436/7 April 2015 (MINA) – Beberapa temuan penting terkait dengan infeksi enterik yang disebabkan virus, dan protozoa yang masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi telah menyebabkan kematian lebih dari 351 ribu jiwa.

Angka-angka awal yang dirilis WHO’s Foodborne Disease Burden Epidemiology Reference Group (FERG) yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA) sejak tahun 2010 lalu, menunjukkan;

  1. Diperkirakan ada 582 juta kasus penyakit enterik 22 berbeda dari bawaan makanan dan 351 ribu kasus kematian.
  2. Penyakit enterik yang berperan besar untuk mayoritas kematian adalah Salmonella Typhi, sebanyak 52 ribu kasus kematian, enteropathogenic E. coli, sebanyak 37 ribu kasus, dan norovirus sebanyak 35 ribu kasus.
  3. Wilayah tercatat memiliki beban penyakit tertinggi untuk penyakit bawaan makanan enterik, diikuti .
  4. Lebih dari 40% orang menderita penyakit enterik yang disebabkan makanan yang terkontaminasi virus adalah anak-anak berusia di bawah 5 tahun.
Baca Juga:  Ismail Haniya: Tidak Ada Satu pun Rumah Di Gaza Kecuali Ada Syuhadanya

Lebih lanjut, WHO menegaskan, makanan yang tidak aman juga menimbulkan risiko di bidang ekonomi, terutama di dunia global. Pada 2011 lalu, wabah penyakit E.coli di Jerman dilaporkan menyebabkan kerugian senilai 1,3 Miliar Dollar AS bagi petani dan di bidang industri senilai US $ 236 Juta Dollar AS dalam pembayaran bantuan darurat untuk 22 negara anggota Uni Eropa.

Upaya untuk mencegah keadaan darurat tersebut dapat diperkuat. Namun, melalui pengembangan sistem keamanan pangan yang kuat, mendorong pemerintah kolektif dan aksi publik untuk melindungi terhadap kontaminasi bahan kimia atau mikroba makanan.

Tindakan tingkat global dan nasional dapat diambil, termasuk menggunakan platform internasional, seperti sendi WHO-FAO, International Keamanan Pangan Otoritas Jaringan (INFOSAN), untuk memastikan komunikasi yang efektif dan cepat selama terjadi keadaan darurat keamanan pangan.

Baca Juga:  Houthi Klaim Serang 107 Kapal Sejak November

Pada akhirnya, konsumen yang menerima suplai makanan, masyarakat memainkan peran penting dalam mempromosikan keamanan pangan, dari berlatih dalam menjalani kehidupan yang bersih serta belajar bagaimana untuk berhati-hati ketika memasak makanan tertentu yang mungkin berbahaya (seperti ayam mentah), untuk membaca label saat membeli dan menyiapkan makanan.

WHO menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang setiap individu harus tahu untuk mencegah penyakit bawaan makanan.

“Dampak terhadap kesehatan masyarakat dan ekonomi bisa menjadi besar. Harus ada sebuah respon yang berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan untuk memastikan standar, cek jaringan berada di tempat untuk melindungi terhadap risiko keamanan pangan,” kata Dr Kazuaki Miyagishima, Direktur Departemen Keamanan Pangan dan Zoonosis WHO.

Baca Juga:  Freedom Flotilla Siapkan Armada Tambahan untuk Kembali Berlayar Tembus Blokade Gaza

WHO memastikan untuk akses yang memadai, aman, makanan bergizi untuk semua orang. WHO juga mendukung negara-negara untuk mencegah hal ini, mendeteksi dan menanggapi wabah penyakit bawaan makanan sesuai dengan Codex Alimentarius, makanan standar internasional, pedoman dan kode praktek yang mencakup semua makanan utama.

Keamanan pangan merupakan salah satu isu lintas sektor internasional, memiliki tanggung jawab bersama yang membutuhkan partisipasi sektor kesehatan non-publik, yaitu pertanian, perdagangan, lingkungan hidup, dan pariwisata. Hal ini harus didukung dari lembaga-lembaga internasional dan regional serta organisasi yang aktif di bidang makanan, bantuan darurat, dan pendidikan. (T/P011/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0