Liga Arab Adakan Pertemuan Darurat Bahas Palestina

(Foto: Anadolu Agency)

Gaza, MINA – akan mengadakan pertemuan darurat pada Selasa (3/4) mengenai serangan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza, kata pejabat Liga Arab, Senin (2/4).

Saeed Abu Ali, Asisten Sekretaris Jenderal untuk Palestina dan Wilayah Arab yang diduduki di Negara-negara Liga, mengatakan, Arab Saudi akan memimpin pertemuan tingkat perwakilan yang akan diadakan atas permintaan Otoritas Palestina.

Palestina mendesak Liga Arab pada Ahad untuk mengadakan pertemuan karena “ terhadap Land Marches“, kata Duta Besar Palestina untuk Kairo Diab Al-Louh pada Anadolu Agency dikutip MINA.

Al-Louh mengatakan, negaranya mengajukan memorandum ke Liga Arab untuk mengadakan pertemuan di tingkat perwakilan permanen karena kejahatan Israel dan serangan mematikan yang dilakukan mereka terhadap demonstrasi damai Hari Tanah Jumat lalu.

Liga Arab mengatakan bahwa perkembangan itu diikuti secara seksama karena mengakibatkan 17 warga Palestina menjadi syuhada di perbatasan Gaza.

Liga Arab juga menuntut masyarakat internasional memenuhi tanggung jawabnya untuk menghentikan kekerasan yang dilakukan Israel dan membentuk komisi penyelidikan.

Selain korban tewas, serangan mematikan itu juga melukai hampir 1.500 korban. Puluhan ribu demonstran berkumpul hari Jumat (30/3) di perbatasan timur Gaza dengan Israel. Demonstran membentuk barisan sepanjang 45 kilometer (28 mil) untuk menuntut hak mereka kembali ke rumah leluhur mereka di Palestina yang bersejarah.

Untuk mengantisipasi demonstrasi massa, Israel mengerahkan ribuan pasukan di sepanjang perbatasan.

Dinamai “Great March of Return“, protes itu juga dimaksudkan untuk menekan Israel untuk menghentikan blokade Gaza yang sudah dilakukan lebih dari satu dekade. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.