Lili Romli Sebut Generasi Muda Puas Terhadap Sistem Demokrasi

Jakarta, MINA – Ketua Koordinasi Politik Majelis Pengurus Pusat (MPP) Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia () Lili Romli, mengatakan pandangan politik generasi Z dan Milenial banyak menyatakan kepuasan terhadap sistem pemerintahan .

“Mengutip dari hasil survei tanggal 26 September 2022 ternyata pandangan politik dari generasi Milenial dan Z sebanyak 63,8% menyatakan kepuasan terhadap demokrasi sebagai sistem pemerintahan,” kata, Jumat (20/10) Lili saat jadi pembicara Webinar Nasional ICMI dengan tema ‘Pilpres 2024: Ke Mana Suara Gen Z dan Milenial Berlabuh’.

“Jadi ini kabar baik, bahwa generasi Z dan Milenial memberikan dukungan sistem pemerintahan demokratis tidak menginginkan pemerintahan yang otokratis seperti orde baru,” tambahnya.

Selain itu, sebanyak 43,9% Gen Z dan Milenial juga menyatakan kondisi saat ini belum bebas dalam menyampaikan kritik terhadap pemerintah.

Pandangan dari generasi tersebut juga menginginkan pemimpin yang jujur dan tidak korupsi (34,8%), merakyat dan sederhana (15,8%), kemampuan membuat perubahan (28,7%) serta kemampuan memimpin disaat krisis (21%).

Sedangkan isu-isu strategis yang diinginkan oleh juga harus dipikirkan pemerintah kesejahteraan masyarakat (44,4%) dan lapangan pekerjaan (21,3%).

“Dan itu yang harus dipotret atau digaungkan menjadi program bagi capres dan cawapres. Perubahan pemilih itu tergantung sejauh mana program-program yang ditawarkan apakah menarik atau tidak bagi pemilih,” pungkasnya. (L/Mil/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.